PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS : LITERATURE REVIEW

DOI:
https://doi.org/10.35719/alveoli.v3i1.83Keywords:
Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Guided Inquiry Model, Science Process SkillsAbstract
Keberhasilan belajar peserta didik tidak telepas dari pemilihan model model pembelajaran yang inovatif, kreatif dan juga memberikan stimulus kepada peserta didik agar lebih aktif dalam pembelajaran, yang mana akan diterapkan guru dalam proses pembelajaan. Proses pembelajaran yang dipusatkan pada guru atau masih menggunakan model pembelajaran ceramah akan berdampak pada peserta didik dan akan menyebabkan rendahnya keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk megidetifikasi pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran ceramah. Metode penelitian yang digunakan yaitu Systematic Literature Riview. Artikel yang digunakan harus relevan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam mengembangkan keterampilan proses sains pesesrta didik. Artikel ilmiah yang digunakan pada penelitian ini yaitu berjumlah maksimal 20 jurnal. Hasil penelitian dari analisi Systematic Literature Riview menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat megembangakn Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik. Model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki kelebihan yang membuat peserta didik mampu megembangkan kemampuan intelektual psesrta didik dan dapat menyelesaikan masalah. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat memberi peningkatan dalam megembangkan keterampilan proses sains peserta didik.
kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains
The success of student learning cannot be separated from the selection of innovative learning models, creative learning, and also make the students stimulated to be more active in learning, which the teacher will apply in the learning process. The learning process that is centered on the teacher or still using the lecture learning model will have an impact on students and will cause students' scientific process skills to be low. This study aims to identify the effect of the guided inquiry learning model in developing students' science process skills compared to the conventional learning model, namely the lecture learning model. The research method used is Systematic Literature Review. The articles used must be relevant to the guided inquiry learning method in developing students' science process skills. The scientific articles used in this research are up to 20 journals. The results of the analysis of the Systematic Literature Review show that the guided inquiry learning model can develop students' science process skills (KPS). The guided inquiry learning model has advantages that enable students to develop students' intellectual abilities and can solve problems. The guided inquiry learning model can improve the improvement of students' science process skills.
keywords: Guided Inquiry Model, Science Process Skills
References
Adirahayu, M. F., & Wulandari, F. E. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Pengaruhya terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. SEJ (Science Education Journal), 2(2), 101–107. https://doi.org/10.21070/sej.v2i2.2244
Ardiansyah, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Model Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Pencemaran Air. 02(02).
Budiyono, A., & Hartini, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2), 141–149. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149
Karim, M. A., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2016). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 10 Banjarmasin Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 44. https://doi.org/10.20527/bipf.v4i1.1039
Mauritha, S., Nur, S., & Adlim, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Man. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9456
Nur, S. S. (2009). Pengaruh Penerapan Model Inquiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi di Kelas XII IPA Ma-Almawaddah Warrahmah Kolaka The Influence of Application in Guided Inquiry Model on Science Process Skills and Biological Learning. 731–741.
Nuryadin, E., & Delinda, D. (2018). Pengaruh Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4), 218–224. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i4.11168
Susilawati, S., & Sridana, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Biota, 8(1), 27–36. https://doi.org/10.20414/jb.v8i1.56
Susilawati, & Sridana, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Tadris IPA Biologi FTIK IAIN Mataram, 8(1), 27–36.
Wulaningsih, S., Prayitno, B. A., & Probosari, R. M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa Science Process Skills Viewed From Student ’ S Academic. Pendidikan Biologi, 4(2), 33–43. https://doi.org/10.1161/RES.0b013e31821e0b53
Yovy Fitria, Upik Yelianti, H. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Biologi Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi. Biodik, II(2), 67–72.
Downloads
Published
Versions
- 2022-12-28 (2)
- 2022-12-28 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fahira Satma Parawansa, Rahmadhani Fitri, Muhiyatul Fadhila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.