ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA DI KABUPATEN JOMBANG

DOI:
https://doi.org/10.35719/alveoli.v3i1.36Keywords:
online learning, learning interest, Covid-19Abstract
Pandemi Covid-19 membuat aktivitas pendidikan di semua sekolah Kabupaten Jombang dilakukan secara daring. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan berbeda dengan pembelajaran konvensional sehingga penggunaan model pembelajaran menentukan minat belajar siswa selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar biologi siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket yang disebarkan secara online menggunakan link google form. Responden adalah siswa jurusan IPA, MA Darul Falah Cukir Diwek Jombang yang sudah melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Hasil dari penelitian ini adalah dari 86 siswa yang telah mengisi angket terdapat 71,2% atau sekitar 61 siswa tidak mengalami masalah penurunan minat belajar terhadap mata pelajaran biologi, dan 28,8% atau sekitar 25 siswa mengalami penurunan minat belajar pada mata pelajaran biologi.
Kata kunci: pembelajaran daring, minat belajar, Covid-19
The Covid-19 pandemic has made learning activities all schools in Jombang Regency conduct online learning. The implementation of learning that is carried out is different from conventional learning so that the use of the learning model determines student learning interest during the Covid- 19 pandemic. This research aims to determine the effect of online learning on high school students learning interest in biology subject. This research uses a survey method. The instrument used was a questionnaire distributed online using the google form. Respondents are student natural science major, MA Darul Falah Cukir Diwek Jombang wich has carried out online learning during the Covid-19 pandemic. The result of this research were that of the 86 students who filled out the questionnaire, there were 71,2% or 61 studenst who did not experience a decrease in learning interest in biology subject, and 28,8% or 25 students who had decreased learning interest in biology subject.
Keywords: online learning, learning interest, Covid-19
References
Aina, M. (2016). “Pengembangan Multi Media Interaksi Menggunakan Camtasia Studio 8 pa-da Pembelajaran Biologi Materi Kultur Jaringan Untuk Siswa SMA Kelas XI MIA. Jurnal Biodik Vol.2 No.1
Andriani, R, dan Rasto, R. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 4 No.1
Hadi, Sutrisno. 1991. “Analisis Butir Untuk Instrumen Angket, Tes dan Skala Nilai dengan BASICA”. Yogyakarta: Andi Offset
Kemedikbud. 2020. “Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan”.https://pusdiklat.kemendikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
Rahmawati, Diah Eka, dkk. 2020. “Kompleksitas Pembelajaran Biologi Inovasinya Selama Pandemi Covid-19.” Webinar Pendidikan 2020: UNESA
Riamin. “Menumbuhkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran” Kompasiana,2016. https://www.kompasiana.com/riamin/570ec6323697738d1a3e38b6/memumbuhkan-minat-belajar-siswa-dalam-pembelajaran
Ricardo, R. dan Meilani, Rini Intansari. 2017. “Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 2 No.2
Simbolon, Naeklan. 2013. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik.” Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED Vol. 1 No. 2
Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Kualitatif”. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” Bandung: Alfabeta
Sobron, A. N., & Bayu, R. 2019. “Peresepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa”. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Mul-tikulturasi Vol. 1 No. 2
Sun, S. Y. H. (2014). “Learner perspectives on fully online language learning. Distance Educa-tion.”
Syarifudin, A. S. 2020. “Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metaliguna. Vol. 5 No.1
Winarno, Surakhmad. 1998. “Pengantar Penelitian Sosial Dasar Metode Tehnik.” Bandung: Penerbit Tarsito
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rinata Ardiana, Mohammad Alim Shodiqin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.