PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI IAIN JEMBER TERHADAP PENGETAHUAN BIOETIKA
DOI:
https://doi.org/10.35719/alveoli.v3i1.22Keywords:
bioetika, mahasiswa calon guru biologi, persepsi,, perception, prospective biology teacher students, bioethicsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tadris biologi IAIN Jember terhadap pengetahuan bioetika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa semester I sampai VII Program Studi Tadris Biologi IAIN Jember Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh responden (73 orang) mengetahui istilah bioetika. 17,8% responden mengetahui makna bioetika, 68,5 % responden hanya sekedar tahu atau pernah mendengar saja tentang bioetika, dan sisanya terdapat 13,7% responden tidak mengetahui sama sekali mengenai bioetika. Hubungan bioetika dengan mahasiswa calon guru biologi 75,3% responden mengetahui hubungan bioetika dengan mahasiswa calon guru biologi berikut dengan alasan yang benar, 16,4% responden mengetahui hubungan bioetika dengan mahasiswa calon guru biologi tetapi dengan alasan yang salah dan sisanya 8,2% responden tidak mengetahui hubungan antara bioetika dengan mahasiswa calon guru biologi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa tadris biologi IAIN Jember sebagai calon guru biologi telah mengetahui mengenai bioetika, akan tetapi sebatas istilah kosa kata dan dengan pemahaman yang terbatas, sehingga sangat perlu meningkatkan pengetahuan bioetikanya.
Kata kunci: persepsi, mahasiswa calon guru biologi, bioetika
This study aims to determine the perceptions of biology students of IAIN Jember on bioeth-ics knowledge. This type of research is qualitative with the method used is a qualitative de-scriptive method with research subjects, namely students from semester I to VII of the Bi-ology Study Program IAIN Jember. The results showed that all respondents (73 people) knew the term bioethics. 17.8% of respondents knew the meaning of bioethics, 68.5% of respondents only knew or had heard about bioethics, and the remaining 13.7% of respond-ents did not know anything about bioethics. Bioethics relationship with prospective biology teacher students 75.3% of respondents knew bioethics relationship with prospective biology teacher students with the right reasons, 16.4% respondents knew about bioethics relation-ship with prospective biology teacher students but for the wrong reasons and the remaining 8.2% of respondents did not know the relationship between bioethics and prospective biol-ogy teacher students. Based on this can be concluded that students tadris biology IAIN Jember as a prospective biology teacher has known about bioethics, but limited to the term vocabulary and with limited human rights, so it is very necessary to increase the knowledge of bioethics
Keywords: perception, prospective biology teacher students, bioethics,
References
Bertens, K. 2009. Perspektif Etika Baru 55 Esai tentang Masalah Aktual. Yogyakarta: Kanisi-us.
Fauzi, Imron. 2018. Etika Profesi Keguruan. Jember: IAIN Jember Press.
Hudha, Atok M. “Kajian Pengetahuan Bioetika Dan Kemampuan Pengambilan Keputusan Etis Mahasiswa Calon Guru Biologi (Pre-service Biologi Teacher’s Cognitive and Deci-sion Making Ethics”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015 oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. Malang: 21 Maret 2015. (2015) 530-538.
Wirartha, I Made. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi
Jeramu, John. “ Manfaat dan Tatanan bagi Bioetika Kristiani”. Jurnal Filsafat dan Teologi, 9, no 2 (2017). 5
Shannon, Thomas A. 1987. Pengantar Bioetika. Terjemahan Bertens, K. 1995. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Taufiq hidayat. 2012. “Bioetika dalam perspektif hukum Islam (telaah khusus status bayi ta-bung)”. Dalam http://muhajirbanyumas.blogspot.com diakses pada tanggal 15 November 2020
Tien R. Muhtadi. 2007. “Perkembangan Bioetika Nasional”. Seminar Etika Penelitian di Bi-dang Kesehatan Reproduksi, Surabaya: Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sheeren Fadia Rachma, Nofida Rahmatul U

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


