PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Authors

  •   Dara Maylisa Putri   Universitas Negeri Padang
  •   Rahmadhani Fitri   Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v3i1.130

  Keywords:

Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pembelajaran Biologi, Critical Thinking, Biology Learning

Abstract

Kualitas pendidikan di indonesia saat ini tergolong buruk, hal tersebut ditandai dengan rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa juga rendah. Hal yang menjadi penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa adalah karena penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Model pembelajaran Problem Based Learning diduga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran Problem Based Learning yaitu model yang menjadikan suasana belajar aktif dengan membimbing siswa untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan mencari solusi untuk permasalahan tersebut secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Métode penelitian yang dipakai adalah métode studi literatur. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang didapatkan dari artikel-artikel yang relevan. Dari hasil rekapitulasi data beberapa artikel terkait, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Biologi.

Kata kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pembelajaran Biologi

The quality of education in Indonesia is currently classified as poor, it is characterized by low learning outcomes and student activity in learning which shows that students' critical thinking skills are also low. The thing that causes the low critical thinking ability of students is due to the use of inappropriate learning models. learning model Problem Based Learning is thought to be able to improve students' critical thinking skills. model Problem Based Learning learning is a model that creates an active learning atmosphere by guiding students to solve a problem and find solutions to these problems in groups. The purpose of this study was to reveal how the influence of the Problem Based Learning (PBL) learning model on students' critical thinking skills. The research method used is the literature study method. The data used is secondary data obtained from relevant articles. From the results of the data recapitulation of several related articles, it can be seen that there is an effect of using the Problem Based Learning thinking skills. So it can be concluded that the Problem Based Learning can improve students' critical thinking skills in Biology learning.

Keywords: Problem Based Learning, Critical Thinking, Biology Learning



References

Adam, Maharani Gultom dan Dini Hariyati. "Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di MTs Negeri Rantauprapat." Jurnal Nukleus (2018): Vol 4(2): 1-5.

Armanda, Heru Ardiansyah dan Jhon Riswanda dan Fahmy. "Pengaruh Model PBL dengan Pendekatan STEM terhadap Kompetensi Kognitif Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan kelas XI di SMA/MA." Bioilmi (2021): vol 7(1): 46-51.

Efendi, Istikomatin Napsiah dan Muncarno Muncarno dan Ujang. "Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Sumberagung." PEDAGOGI (2021): vol 9(1): 61-70.

Fahyuni, Nurdyansyah dan Eni Fariyatul. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.

Febriani, Dwijowati Asih Saputri dan Selfy. "Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X MIA SMA N 6 Bandar Lampung." BIOSFER (2017): vol 8(1): 40-52.

Fitri, Siti Fadia Nurul. "Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia." Jurnal Pendidikan Tambusai (2021): vol 5(2): 1617-1620.

Hasanah, T. Fakhrizal dan Uswatun. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dikelas X SMA Negri 1 Kluet Tengah." Jurnal Biotik (2020): Vol 8(2): 200-217.

Helmiati. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

Hindun, Siti Nurhasanah dan Arasti dan Farida Dwi Susanti dan Moses Gotlief Rumperiai dan Iin. Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran CBL. Malang: Kota Tua Jalan Sanan 27b, 2020.

Kristin, Fajar Prasetyo dan Firosalia. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD." DIDAKTIKA TAUHIDI (2020): Vol 7(1): 13-27.

Kurniahtunnisa, Nur Kusuma Dewi, Nur Rahayu Utami. "Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Materi Sistem Ekskresi." Journal Of Biology Education (2016): vol 5(3): 310-318.

Lagiono, Muhammad Ilmi. "Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan pada Konsep Ekosistem." Jurnal Pendidikan Hayati (2019): Vol 5(2): 39-51.

Mulyani, Sri. "Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Melalui Model Problem Based Learning Bagi Peserta Didik Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahung Pelajaran 2017/2018." Jurnal Pendidikan (2020): vol 29(2): 143-150.

Nugraha, Widdy Sukma. "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SD dengan Menggunakan Model Problem Based Learning." EduHumaniora (2018): Vol 10(2): 115-127.

Paudi, Humaira dan Mohammad Jamhari dan Mursito S Bialangi dan Ritman Ishak. "Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 7 Palu." Journal of Biology Science and Education (JBSE) (2020): Vol 8(1): 593-601.

Rahmadana, Oki Sandra Agnesa dan Arini. "Model Problem Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi." Journal On Teacher Education (2022): Vol 3(3): 65-81.

Razali, Erdi Surya dan Khairil dan. "Penerapan Pembelajaran Bebasis Masalah (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia di SMA Negeri 11 Banda Aceh." Jurnal EduBio Tropika (2014): vol 2(1): 121-186.

Saptoro, Halimah Dwi Cahyani dan Agnes Herlina Dwi Hadiyanti dan Albertus. "Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajarab Problem Based Learning." EDUKATIF (2021): Vol 3(3): 919-927.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Susanto. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

Widiyanti, N.P. Astuti Aryawati dan N.M. Pujani dan N.L. Manik. "Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Biologi ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X SMA." Wahana Matematika dan Sains (2020): Vol 14(2): 105-124.

Wulandari, Siti Jazilatul Fitriyyah dan Tabitha Sri Hartati. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Berfikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi Materi Pemanasan Global." BIOEDUKASI (2019): vol 12(1): 1-7.

—. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi Materi Pemanasan Global." BIOEDUKASI (2019): vol 12 no 1: 1-7. Document.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Putri, D. M., & Fitri, R. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 42–52. https://doi.org/10.35719/alveoli.v3i1.130