https://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/issue/feedALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi2025-06-12T11:32:35+07:00Husni Mubarokhusnimubarok88@uinkhas.ac.idOpen Journal Systems<p>ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Biologi, baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk artikel ilmiah tentang pendidikan Biologi.</p>https://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/article/view/257EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI TINGKAT SMA/MA 2025-06-12T09:46:36+07:00Najmi Syafani Zahranajmisyzhra@gmail.comRahmadhani Fitrirahmadhanifitri@fmipa.unp.ac.idHeffi Alberidaheffialberida@fmipa.unp.ac.id<p>Di tengah tantangan kompleksitas global dan tuntutan keterampilan abad ke-21, khususnya dalam pembelajaran biologi, studi ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan <em>Systematic Literature Review</em> (SLR) terhadap 10 artikel yang terbit pada tahun 2021–2025 dan relevan dengan topik. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan PBL mampu meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep biologi siswa, meskipun ditemukan beberapa tantangan implementasi. Secara keseluruhan, PBL terbukti sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif dalam konteks pendidikan biologi.</p>2025-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) https://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/article/view/249PERAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI MEDIATOR TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS FISIK MAHASISWA DI JEMBER2025-05-31T19:01:25+07:00Risma Nurlimnurlim.isma@gmail.comIdiawati NurlimIdiawati.nurlim@gmail.com<p>Skor kecemasan, depresi, dan kualitas hidup yang buruk meningkat sebagai akibat dari gaya hidup dan ketidakaktivan mahasiswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi partisipasi seseorang dalam aktivitas fisik adalah faktor psikologis. SOA, ROE, OEA dan UOE merupakan dimensi kecerdasan emosional yang dapat mempengaruhi peningkatan aktivitas fisik. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui apakah Kecerdasan Emosional (EI) mempengaruhi tingkat aktivitas fisik mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 174 mahasiswa. Kuesioner Aktivitas Fisik Internasional (IPAQ) dan Skala Kecerdasan Emosional Wong dan Law (WLEIS) digunakan untuk menghitung tingkat aktivitas fisik dan skor Kecerdasan Emosional mahasiswa. Terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dan tingkat aktivitas fisik (p<0,05). Dimensi kecerdasan emosional UOE mempengaruhi tingkat aktivitas fisik secara signifikan sedangkan SOA, ROE dan OEA tidak. Studi ini menunjukkan bahwa pengelolaan emosional yang baik berperan penting terhadap motivasi dan peningkatan aktivitas fisik pada mahasiswa.</p>2025-06-12T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Risma Nurlim, Idiawati Nurlim