https://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/issue/feedALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi2025-07-17T15:25:05+07:00Husni Mubarokhusnimubarok88@uinkhas.ac.idOpen Journal Systems<p>ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Biologi, baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk artikel ilmiah tentang pendidikan Biologi.</p>https://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/article/view/278PERSONAL HYGIENE DAN PERILAKU PEMILIHAN MAKANAN PADA MAHASISWA TADRIS BIOLOGI UINKHAS JEMBER DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATAKULIAH MIKROBIOLOGI2025-07-17T15:25:05+07:00Rosita Fitrah Dewirositafitrah@gmail.comAmelia Azhariameliaazhari37@gmail.com<p>This study aims to survey students' attention to <em>personal hygiene</em> and food selection. The study of health in students is still limited to reproductive health only. The research method uses a survey with the output of <em>flipbook</em> learning media for Microbiology courses. The research respondents were Tadris Biology students who were taking Microbiology courses. The survey results show that some students have not used personal items together. Besides, students have paid attention to the health of their food. The data validation results show a value of 93.4 meaning the products are feasible to use.</p>2025-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Rosita Fitrah Dewi, Amelia Azharihttps://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/article/view/232ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJARNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH RAUDLATUS SYABAB SUKOWONO JEMBER2025-07-06T19:33:40+07:00Nanda Eska Anugrah Nasutionnsteska@gmail.comMita Utari Putrimitautari2@gmail.comChairany Rizkarizkachairany@gmail.com<p>Kesulitan belajar siswa dapat disebabkan oleh ketidaksesuaian antara gaya belajar siswa dengan rencana aktivitas pembelajaran yang disusun oleh guru. Menyesuaikan aktivitas belajar yang tepat dengan gaya belajar yang dimiliki oleh siswa diproyeksikan merupakan landasan yang harus dimiliki oleh seorang guru. Dengan demikian, pada penelitian ini peneliti berusaha mendeskripsikan aktivitas belajar siswa berdasarkan gaya belajar visual auditori kinestetik (VAK) pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA 2 di Madrasah Aliyah Raudlatus Syabab Sukowono Jember. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Prosedur penelitian secara garis besar adalah pengumpulan data, pencatatan data, peneliti melakukan analisis interaksi yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 2 dan guru mata pelajaran Biologi yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Seluruh instrumen penelitian yang digunakan tervalidasi dengan kategori baik. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan peneliti yaitu teknik triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini secara kualitatif menemukan bahwa rata-rata siswa dengan gaya belajar visual, dominan melakukan aktivitas belajar <em>Visual Activities, </em>yang diikuti secara berturut turut oleh<em> Writing Activities, Listening Activities, Motor Activities, Drawing Activities, Mental</em> <em>Activities, Emotional</em> <em>Activitie</em><em>s</em>, dan <em>Oral Activities</em>. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori, dominan melakukan aktivitas belajar <em>Listening </em>Activities yang diikuti secara berturut turut oleh<em> Motor Activities, Oral Activities, Visual Activities, Drawing Activities, Mental</em> <em>Activities, Emotional</em> <em>Activitie</em><em>s</em>, dan<em> Writing Activities</em>. Siswa dengan gaya belajar kinestetik, dominan melakukan aktivitas belajar <em>Motor Activities</em> yang diikuti secara berturut turut oleh<em> Oral Activities, Visual Activities, Writing Activities, Drawing Activities, Mental</em> <em>Activities, Emotional</em> <em>Activitie</em><em>s</em>, dan<em> Listening Activities.</em></p>2025-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Nanda Eska Anugrah Nasution, Mita Utari Putri, Chairany Rizkahttps://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/article/view/269PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS DAN PERANANNYA2025-07-03T20:07:15+07:00Fitriyanti Luthfiyyah2224220020@untirta.ac.idNadya Apriliyani2224220099@untirta.ac.idSindanita Yuliantysindanita.yulianty@untirta.ac.idDewi Murnidewi.murni@untirta.ac.id<p><em>Biology learning at the Senior High School (SMA) level has quite a lot of problems, one of which is the concept of virus material and its role. The concept of abstract and complex material makes learning that is not enough to be explained verbally but a visual approach is also needed so that student understanding can increase. Google Sites-based learning media has proven to be an effective platform in supporting the learning process today in improving students' understanding and mastery of the material. This study aims to improve students' understanding of the concept of virus material and its role at MAN 1 Cilegon City. In conducting this research, the ADDIE research model was used with data collection techniques through questionnaires and interviews. Feasibility, practicality, and effectiveness tests need to be carried out to determine the level of success of the media that can be used in the learning process. The test involved research targets consisting of 1 material expert, 1 media expert, 1 learning expert (subject teacher) and grade X students. The feasibility test assessment was carried out by 3 research targets, namely material experts at 74% (feasible category), media experts 94% (very feasible category), and learning experts 80% (feasible category). Meanwhile, the practicality test was carried out with the research target, namely class X students as many as 32 students with a percentage of 76.70% (practical category). In addition, in the effectiveness test with the same research target, namely class X students, the results were 85% (very good or very effective category). Based on the three media tests, it can be concluded that Google Sites learning media on virus material and its role is feasible and can be used in the learning process.</em></p>2025-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Fitriyanti Luthfiyyah, Nadya Apriliyani, Sindanita Yulianty, Dewi Murnihttps://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/article/view/246PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI ONLINE LABORATORY BERBASIS ANDROID DI MADRASAH DAN SEKOLAH JEMBER2025-07-01T09:18:02+07:00Ira Nurmawatiira.nurmawati1988@gmail.comHeni Setyawatihenisetyawati@uinkhas.ac.id<p>Pendampingan implementasi teknologi <em>online laboratory</em> berbasis android di madrasah dan sekolah di dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan kegiatan praktikum di madrasah dan sekolah di Jember. diakibatkan kurangnya sarana dan prasarana berupa laboratorium sekolah sehingga hasil belajar siswa pun menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran praktikum di madrasah dan sekolah melalui pendampingan penggunaan <em>online laboratory</em> berbasis Android. Program ini ditujukan untuk mengatasi keterbatasan laboratorium fisik dengan menyediakan alternatif praktikum yang fleksibel, mandiri, dan dapat diakses kapan saja. Dengan adanya pendampingan ini menunjukkan bahwa kegiatan praktikum tidak harus selalu dilakukan di laboratorium saja, namun juga bisa diakses kapan saja dan dimana saja secara mandiri melalui teknologi <em>online laboratory</em> berbasis android. Kegiatan pendampingan ini dilakukan di MAN 2 Jember, MA Darus Sholah Jember, dan SMA Bima Ambulu. Teknologi <em>online laboratory</em> yang dimaksud berupa aplikasi yang diakses melalui HP Android yang berisi petunjuk penggunaan aplikasi, materi pokok, petunjuk praktikum, dan kuis untuk latihan soal. Berdasarkan hasil kegiatan yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa MA Darus Sholah sebesar 78%, MAN 2 Jember 80%, dan di SMA BIMA Ambulu sebesar 80%.. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa <em>online laboratory</em> dapat menjadi solusi praktikum yang inklusif bagi sekolah dengan sarana terbatas. Penggunaan aplikasi ini mendukung transformasi digital pendidikan, meningkatkan literasi teknologi siswa dan guru, serta memperkuat kemandirian belajar. Tingginya kepuasan siswa menunjukkan potensi replikasi model ini di sekolah lain dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran serta kajian akademik di bidang pendidikan sains digital.</p>2025-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Ira Nurmawati, Heni Setyawatihttps://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/article/view/257EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI TINGKAT SMA/MA 2025-06-12T09:46:36+07:00Najmi Syafani Zahranajmisyzhra@gmail.comRahmadhani Fitrirahmadhanifitri@fmipa.unp.ac.idHeffi Alberidaheffialberida@fmipa.unp.ac.id<p>Di tengah tantangan kompleksitas global dan tuntutan keterampilan abad ke-21, khususnya dalam pembelajaran biologi, studi ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan <em>Systematic Literature Review</em> (SLR) terhadap 10 artikel yang terbit pada tahun 2021–2025 dan relevan dengan topik. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan PBL mampu meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep biologi siswa, meskipun ditemukan beberapa tantangan implementasi. Secara keseluruhan, PBL terbukti sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif dalam konteks pendidikan biologi.</p>2025-06-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Najmi Syafani Zahra, Rahmadhani Fitri, Heffi Alberidahttps://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/article/view/249PERAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI MEDIATOR TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS FISIK MAHASISWA DI JEMBER2025-05-31T19:01:25+07:00Risma Nurlimnurlim.isma@gmail.comIdiawati NurlimIdiawati.nurlim@gmail.com<p>Skor kecemasan, depresi, dan kualitas hidup yang buruk meningkat sebagai akibat dari gaya hidup dan ketidakaktivan mahasiswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi partisipasi seseorang dalam aktivitas fisik adalah faktor psikologis. SOA, ROE, OEA dan UOE merupakan dimensi kecerdasan emosional yang dapat mempengaruhi peningkatan aktivitas fisik. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui apakah Kecerdasan Emosional (EI) mempengaruhi tingkat aktivitas fisik mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 174 mahasiswa. Kuesioner Aktivitas Fisik Internasional (IPAQ) dan Skala Kecerdasan Emosional Wong dan Law (WLEIS) digunakan untuk menghitung tingkat aktivitas fisik dan skor Kecerdasan Emosional mahasiswa. Terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dan tingkat aktivitas fisik (p<0,05). Dimensi kecerdasan emosional UOE mempengaruhi tingkat aktivitas fisik secara signifikan sedangkan SOA, ROE dan OEA tidak. Studi ini menunjukkan bahwa pengelolaan emosional yang baik berperan penting terhadap motivasi dan peningkatan aktivitas fisik pada mahasiswa.</p>2025-06-12T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Risma Nurlim, Idiawati Nurlim