PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X IPA

DOI:
https://doi.org/10.35719/alveoli.v5i2.97Keywords:
Modul Biologi, Terintegrasi Keislaman, Perubahan LingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kemenarikan, dan keefektivan modul sebagai bahan ajar biologi terintegrasi nilai-nilai keislaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba yaitu pada siswa kelas X IPA di Madrasah Aliyah 03 Al-Ma’arif Wuluhan Jember. Kevalidan diperoleh dengan cara menggunakan angket yang akan diberikan kepadapara ahli dengan diperoleh hasil: ahli bahasa 93%, ahli materi 84,8%, ahli media 90,3% dan ahli tafsir dan hadist 93,2%, dapat disimpulkan bahwa modul tergolong sangat valid. Kemenarikan diperoleh dari angke respon siswa diperoleh hasil sebesar 92,7% untuk uji coba kelompok kecil, dan 91,06% untuk uji coba kelompok besar, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul termasuk kategori sangat menarik. Keefektivan diperoleh dengan menggunakan one-group pretest-posttest design, pertama dilakukan uji normalitas dengan hasil sig > 0,05 maka dapat diartikan bahwa data berdistribusi normal. Kemudian dilanjut dengan uji T menggunakan Uji Paired sample t test diperoleh hasil t hitung -31,623 atau dimaknai positif yakni 31,623 sedangkan t tabel 2,093 sehinga diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel (31,623 > 2,093). Dan dilakukan uji N-gain diperoleh N-Gain skor sebesar 74,9 maka dapat dikategorikan bahan modul biologi efektif.
References
Astuti, Mei Shi Dwi. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa Islami Berbasis Inquiry Terbimbing Untuk Memberdayakan Kreativitas Belajar Peserta Didik. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2018.
Jakni. Metode Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016.
Magdalena, Ina. Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Social 2, No. 2 (2020). https://Core.Ac.Uk.
Nasution, Sofia Arianti. Efektivitas Pembelajaran Inside Outside Circle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Budi Agung TP. 2020/2021. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiah Sumatera Utara, 2020.
Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2015.
Suniasih, Ni Wayan. Pengembangan Bahan Ajar Neurosains Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Model Inkuiri. Jurnal Mimbar Ilmu 24, No. 3 (2019). https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id.
Ulya, Fadhliyatul. Pengembanagan Modul Biologi Berintegrasi Nilai-Nilai Islam Dengan Pendekatan Inkuiri Pada Sub Bab Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X Di MAN Kendal. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo, 2018.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional, Presiden Republic Indonesia, Pasal 3. Jakarta: Sinar Grafik, 2003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Sabrina, Bayu Sandika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.