PENGARUH PERSISTENCE (KETEKUNAN) BELAJAR BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA KELAS X MIPA DI MAN 1 JEMBER

Authors

  • Lu'lu' Afifah UIN KH. Achmad Siddiq Jember

Keywords:

Persistence (Ketekunan, Hasil Belajar, Animalia, Persistence, Learning Outcomes

Abstract

This research is motivated by persistence (persistence) is one of the factors that affect learning outcomes. Persistence is the seriousness in the learning process that aims to achieve the best results. Animalia is one of the chapters in biology which is considered difficult by students. students often get low grades in animalia material. Students who are diligent in learning and do not give up easily will get maximum learning results. This study aims to determine the effect of persistence in learning biology on student learning outcomes in animalia material for class X MIPA at MAN 1 Jember. This study uses a quantitative approach with causal associative research, using a survey method conducted at MAN 1 Jember. The population includes students of class X MIPA. The number of samples in this study were 75 students with a sampling technique using cluster random sampling. Data collection techniques using questionnaires and documentation. Data analysis used simple linear regression analysis. The results of this study indicate that there is a significant effect of persistence in learning biology on student learning outcomes in the animalia material of class X MIPA students at MAN 1 Jember.

Keywords: Persistence, Learning Outcomes, Animalia

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persistence (ketekunan) merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Persistence (ketekunan) merupakan keseriusan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk meraih hasil yang terbaik. Materi animalia merupakan salah satu bab dalam mata pelajaran biologi yang dianggap sulit oleh siswa. sering kali siswa mendapat nilai yang kurang dalam materi animalia. Siswa yang tekun dalam belajar dan tidak mudah menyerah akan memperoleh hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persistence (ketekunan) belajar biologi terhadap hasil belajar siswa pada materi animalia kelas X MIPA di MAN 1 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kunatitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, menggunakan metode survey yang dilakukan di MAN 1 Jember.  Populasi meliputi siswa kelas X MIPA. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan clauster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan persistence (ketekunan) belajar biologi terhadap hasil belajar siswa pada materi animalia siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember.

Kata kunci: Persistence (Ketekunan), Hasil Belajar, Animalia

References

Busro, Muhammad. Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

Firdaus, Moh Ihsan. Analisis Nilai Ketekunan Belajar Yang Terkandung Dalam Al Qur’an Surat Al Muzammil Ayat 1-8 (Kajian Tafsir Al Azhar).Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang, 2019.

Hermadianti, Dea. Hubungan Antara Ketekunan (Persistence) Dengan Hasil Belajar Biologi: Studi Korelasional Terhadap Siswa Kelas MIA Di SMA Negeri 102 Jakarta. Biosfer Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 9. No. 2. 2016.

Ilma, Arina Zaida. Eksperimen Discovery Learning dan Problem Based Learning Ditinjau Ketekunan Belajar Siswa Materi Hukum Newton. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 11. No. 1, 2021. 20-27

Indriyanti, Yuli. Desain Concept Mapping Sebagai Media Ajar pada Materi Animalia di SMA Negeri 1 Abab Kabupaten Pali. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Palembang, 2019.

Munib, Achmad. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.2015.

Puspitasari, Arini Dwi. Pengaruh Ketekunan Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IS SMA Negeri 5 Malang. Skripsi, Universitas Negeri Malang, 2014.

Ristinawati, Etik. Pengaruh Model Meaningful Instructional Design (MID) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Animalia. Jurnal Metaedukasi. Vol. 2. No. 1. 2020.

Rohmatun, dkk. Ketekuan Akademik pada Siswa SMA X Semarang di Era Pandemi Covid-19. Psisula Prosiding Berkala Psikologi. Vol. 2, 2020.

Septiani, Nisa Tri. Pengaruh Ketekunan Belajar dan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus Martopuro Kota Tegal.Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2019.

Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana, 2017.

Siyoto, Sandu. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. 2013.

Susy, Dani Erijani. Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Penggunaan Sumber Belajar Berbasis Iternet dan Kebiasaan Membaca dengan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas X di SMA Negeri 7 Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol.5, No.1. 2016

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Afifah, L. (2024). PENGARUH PERSISTENCE (KETEKUNAN) BELAJAR BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANIMALIA KELAS X MIPA DI MAN 1 JEMBER. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 55–66. Retrieved from https://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/article/view/93