TANGGAPAN SISWA MENGENAI PELAKSANAAN FIELD TRIP DI SITUS PATIAYAM PADA MATERI TEORI EVOLUSI KELAS X MIPA SMA 2 KUDUS

Authors

  • Indah Ayu Lestari IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v4i2.81

Keywords:

student response, field trip, evolution, student response, field trip, evolution

Abstract

The purpose of this research is to be able to find out about student responses regarding the implementation of field trips as a learning method which can later be expected and strived to make students more comfortable and impressed and interested in the biology learning process, especially on evolutionary material. This research is a quantitative research because the data from this research is quantitative data obtained from the instrument using a range of numbers. This type of research is survey research, namely the responses of class X MIPA 9 students to the implementation of the field trip method in learning evolutionary biology material. This research uses a descriptive method. This research was conducted on students of class X MIPA SMA 2 Kudus. With the population taken, namely all students of class X MIPA SMA 2 Kudus. While the samples used were students of class X MIPA 9 with a total of 24 students who had carried out a field trip at the Patiayam Archaeological Site on evolution material for the 2021/2022 school year. Determination of the number of samples in this study is through random sampling technique, because at the time of taking samples from members of the population is done randomly. Data collection techniques used in this study were through observation, interviews, and questionnaires (questionnaires). Research data obtained from questionnaires distributed to students of class X MIPA 9, and then will be processed quantitatively, namely calculating percentages, then analyzed the data until a conclusion is obtained to be described. The implementation of field trip learning in the biology subject of evolutionary material is included in the criteria for most of all activities being met, in addition to the responses given by students about field trip learning it is classified as good/high. Student responses are needed so that the implementation of the next field trip can run smoothly and it is hoped that later it can make students more interested and satisfied in the learning process, especially in learning biology. It is hoped that further researchers can continue and improve learning with creative methods in learning, especially in learning biology.

Keywords: student response, field trip, evolution

Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat mengetahui tentang tanggapan siswa mengenai pelaksanaan field trip sebagai suatu metode pembelajaran yang nantinya bisa diharapkan dan diupayakan untuk menjadikan siswa agar bertambah nyaman dan terkesan serta tertarik pada proses pembelajaran biologi terkhusus pada materi evolusi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dikarenakan data dari penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari instrument dengan menggunakan rentang angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei, yakni tanggapan siswa kelas X MIPA 9 terhadap pelaksanaan metode field trip pada pembelajaran biologi materi evolusi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X MIPA SMA 2 Kudus. Dengan populasi yang diambil yaitu seluruh siswa kelas X MIPA SMA 2 Kudus. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X MIPA 9 dengan jumlah 24 siswa yang telah melaksanakan field trip di Situs Purbakala Patiayam pada materi Evolusi tahun ajaran 2021/2022. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu melalui teknik random sampling, karena pada saat pengambilan sampel dari anggota populasi dilakukan dengan acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, serta angket (kuesioner). Data penelitian didapatkan dari angket yang dibagikan kepada siswa kelas X MIPA 9, dan kemudian akan diolah dengan kuantitatif yaitu menghitung presentase, kemudian dianalisis data tersebut sampai diperoleh suatu kesimpulan untuk dideskripsikan. Keterlaksanaan pembelajaran field trip pada mata pelajaran biologi materi evolusi termasuk ke dalam kriteria sebagian besar semua aktivitas terpenuhi, selain itu mengenai tanggapan yang diberikan oleh siswa tentang pembelajaran field trip ini tergolong baik/ tinggi. Tanggapan siswa diperlukan agar pelaksanaan field trip selanjutnya dapat berjalan dengan lancar dan diharapkan nantinya dapat menjadikan siswa agar lebih tertarik dan puas pada proses pembelajaran terlebih pada pembelajaran biologi. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat melanjutkan dan menyempurnakan pembelajaran dengan metode yang kreatif dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran biologi.

Kata kunci: tanggapan siswa, pelaksanaan field trip, evolusi

References

Adnan. “Kunjungan Lapangan Field Trip Sebagai Metode Pembelajaran” Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACET), no.1 (2020), 94-95.

Ameliya Windi Reski. “Tanggapan Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Field Trip Pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan Angkatan 2017 FKIP Biologi UIR”, Universitas Islam Riau (2019).

Nurhasanah, Miarsyah, Rusdi dkk. “Pengaruh Metode Field Trip dan Tingkat Motivasi Belajar Biologi Terhadap Kepedulian Siswa Pada Nilai- nilai Biodiversitas”, Jurnal Pendidikan Profesional, Volume 7, no.1 (2018).

Nusi. “Penerapan Metode Field Trip Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa” E-Jurnal Bahasantoeda, no.2 (2016),86-87.

Widiyanto.Bayu, “Penerapan Metode Field Trip pada MK. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa terhadap Permasalahan Sampah”, Jurnal Pendidikan Cakrawala: (2017) Tegal.

Yuliati Tika, Nana Kariada, “Efektivitas Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan”, Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun III, No.1, (2015)Juni.

Zannah, Qoriatul. “Penerapan Metode Field Trip Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kecerdasan Naturalistik Siswaa Pada Materi Tumbuhan Berbiji”, Universitas Pendidikan Indonesia (2020): Bandung.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Lestari, I. A. (2024). TANGGAPAN SISWA MENGENAI PELAKSANAAN FIELD TRIP DI SITUS PATIAYAM PADA MATERI TEORI EVOLUSI KELAS X MIPA SMA 2 KUDUS. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 109-117. https://doi.org/10.35719/alveoli.v4i2.81