TANGGAPAN SISWA MENGENAI PELAKSANAAN FIELD TRIP DI SITUS PATIAYAM PADA MATERI TEORI EVOLUSI KELAS X MIPA SMA 2 KUDUS

DOI:
https://doi.org/10.35719/alveoli.v4i2.81Keywords:
Tanggapan Siswa, Pelaksanaan field trip, EvolusiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat mengetahui tentang tanggapan siswa mengenai pelaksanaan field trip sebagai suatu metode pembelajaran yang nantinya bisa diharapkan dan diupayakan untuk menjadikan siswa agar bertambah nyaman dan terkesan serta tertarik pada proses pembelajaran biologi terkhusus pada materi evolusi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dikarenakan data dari penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari instrument dengan menggunakan rentang angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei, yakni tanggapan siswa kelas X MIPA 9 terhadap pelaksanaan metode field trip pada pembelajaran biologi materi evolusi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X MIPA SMA 2 Kudus. Dengan populasi yang diambil yaitu seluruh siswa kelas X MIPA SMA 2 Kudus. Sedangkan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X MIPA 9 dengan jumlah 24 siswa yang telah melaksanakan field trip di Situs Purbakala Patiayam pada materi Evolusi tahun ajaran 2021/2022. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu melalui teknik random sampling, karena pada saat pengambilan sampel dari anggota populasi dilakukan dengan acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, serta angket (kuesioner). Data penelitian didapatkan dari angket yang dibagikan kepada siswa kelas X MIPA 9, dan kemudian akan diolah dengan kuantitatif yaitu menghitung presentase, kemudian dianalisis data tersebut sampai diperoleh suatu kesimpulan untuk dideskripsikan. Keterlaksanaan pembelajaran field trip pada mata pelajaran biologi materi evolusi termasuk ke dalam kriteria sebagian besar semua aktivitas terpenuhi, selain itu mengenai tanggapan yang diberikan oleh siswa tentang pembelajaran field trip ini tergolong baik/ tinggi. Tanggapan siswa diperlukan agar pelaksanaan field trip selanjutnya dapat berjalan dengan lancar dan diharapkan nantinya dapat menjadikan siswa agar lebih tertarik dan puas pada proses pembelajaran terlebih pada pembelajaran biologi. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat melanjutkan dan menyempurnakan pembelajaran dengan metode yang kreatif dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran biologi.
References
Adnan. “Kunjungan Lapangan Field Trip Sebagai Metode Pembelajaran” Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACET), no.1 (2020), 94-95.
Ameliya Windi Reski. “Tanggapan Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Field Trip Pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan Angkatan 2017 FKIP Biologi UIR”, Universitas Islam Riau (2019).
Nurhasanah, Miarsyah, Rusdi dkk. “Pengaruh Metode Field Trip dan Tingkat Motivasi Belajar Biologi Terhadap Kepedulian Siswa Pada Nilai- nilai Biodiversitas”, Jurnal Pendidikan Profesional, Volume 7, no.1 (2018).
Nusi. “Penerapan Metode Field Trip Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa” E-Jurnal Bahasantoeda, no.2 (2016),86-87.
Widiyanto.Bayu, “Penerapan Metode Field Trip pada MK. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa terhadap Permasalahan Sampah”, Jurnal Pendidikan Cakrawala: (2017) Tegal.
Yuliati Tika, Nana Kariada, “Efektivitas Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan”, Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun III, No.1, (2015)Juni.
Zannah, Qoriatul. “Penerapan Metode Field Trip Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kecerdasan Naturalistik Siswaa Pada Materi Tumbuhan Berbiji”, Universitas Pendidikan Indonesia (2020): Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indah Ayu Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.