PENGEMBANGAN E WORKSHEET PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN SOAL HOTS BERBASIS EDMODO PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X MIPA DI MAN 1 JEMBER

Authors

  •   Siti Nafisatul Wardah   Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •   Rosita Fitrah Dewi

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v5i1.69

  Keywords:

Edmodo, E Worksheet, HOTS

Abstract

Lembar kerja yang digunakan sekolah biasanya berupa kegiatan yang ada di buku LKS dengan soal yang sederhana dan berkaitan dengan materi dalam buku LKS, namun lembar kerja tersebut kurang mampu untuk siswa. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan e worksheet pembelajaran biologi berbasis edmodo menggunakan soal HOTS pada materi ekosistem. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai kevalidan dari media e-worksheet berbasis edmodo menggunakan soal HOTS dengan tahapan: 1) Menjelaskan proses pengembangan e-worksheet pembelajaran biologi menggunakan soal HOTS berbasis edmodo pada materi ekosistem untuk siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember. 2) Menjelaskan validitas pengembangan e-worksheet pembelajaran biologi menggunakan soal HOTS berbasis edmodo pada materi ekosistem untuk siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE, tetapi pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap Develop, karena keterbatasan waktu dan kondisi pandemi COVID-19. Berdasarkan hasil uji validitas yang dilakukan, e-worksheet Pembelajaran Biologi Menggunakan Soal HOTS Berbasis Edmodo pada Materi Ekosistem untuk  Siswa Kelas X MIPA di MAN 1 Jember layak digunakan dalam proses pembelajaran, dengan hasil uji validitas dari ahli materi atau soal diperoleh presentase 97.6% untuk soal pre tes, dan 98,6% untuk soal post tes serta hasil uji validitas dari ahli media diperoleh presentase 89,6% dengan dengan kategori validitas sangat valid.

References

Akbar, Sa’dun. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Asikin, Nurul dkk. “Pembelajaran Biologi Berpendekatan Saintifik Model Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pedagogi Hayati, Vol. 01 No. 01(2016): 1-13.

Budiarti, Winda & Oka Anak Agung. “Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) untuk Siswa SMA Kelas XI Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014” Bioedukasi, Vol. 5 No. 2 (2014): 118-127.

Cahyadi, Rahmat. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model”. Islamic Education Journal, Vol. 3 No. 1 (2019): 33-41.

Dessi, Harsinta, dkk. “Pengembangan Butir Soal Elektronik Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) pada Materi Ikatan Kimia.” Jurnal Panjar, Vol. 1 No. 1(2018): 1-12.

Hakim, Muhammad Luqmanul. “Pengembangan Media Pembelajaran Jmur dengan Aplikasi Prezi untuk Melatihkan Keterampilan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas X.” BioEdu, Vol. 8 No. 2 (2019): 85-94.

Hanifah, Nanang Supriadi. “Pengaruh Model Pembelajaran E-learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik.” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 3 No. 1(2019): 22 38.

Hariyadi, Muharram, dkk. “Pengembangan E-Worksheet Pembelajaran Biologi Berbasis ed-modo Pada Materi Sistem Pencernaan.” Jurnal Biology Teaching and Learning, Vol.1 No.1(2018): 30-39.

Huda, Khoirul. “Pengembanan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMP Kelas VIII Materi Sis-tem Ekskresi Manusia.” SIMBIOSIS, Vol. No (2019): 190-199.

Miraza, Retty. dkk. “Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo dengan Pendeka-tan Saintifik pada Materi Gelombang Bunyi.” Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 6 No. 3(2016): 260-162.

Majidah. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Kuliah Aplikasi Komputer Guna MeningkatkanMinat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Education and De-velopment Vol 5 No1 (2016): 134-145.

Sahlan, Moh. Evaluasi Pembelajaran. Jember: STAIN Jember Press, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Yani, Ahmad, dkk. “Efektivitas Pendekatan Saintifik dengan Media Booklet Higher Order-Thinking Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Kabupaten WAJO”. Bologi Sel, Vol.7 No. 1(2018): 1-12.

Yuniar. “Pengembangan LKS Berbasis HOTS dengan Pictorial Riddle Pada Sub Materi-Jaringan Hewan dan Tumbuhan Siswa SMP Kelas VII.” Simbiosis, Vol. 1 No.4(2015): 190-198.

Zuhrotun, Nisak. “Penerapan Pembelajaran Saintifik Guru Biologi Kelas X Di SMAN 3 Klaten Tahun Ajaran 2018/2019.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Wardah, S. N., & Rosita Fitrah Dewi. (2024). PENGEMBANGAN E WORKSHEET PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN SOAL HOTS BERBASIS EDMODO PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X MIPA DI MAN 1 JEMBER. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 49–63. https://doi.org/10.35719/alveoli.v5i1.69