PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 3 JEMBER

Authors

  • Alvi Wardatul Latifa Universitas Islam Negeri Jember

Keywords:

Learning, Learning Diciplin Learning, Learning Independen, Learning Independence, Learning Discipline, Learning Outcomes.

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of learning independence and learning discipline on the biology learning outcomes of class XI MIPA students at SMA Negeri 3 Jember. This research is motivated by several internal factors that affect learning outcomes. One factor is physical tone. Independence and learning discipline is one of the factors that affect learning outcomes. This study uses a quantitative approach with the type of associative research conducted at SMA Negeri 3 Jember. The population includes all students of class XI totaling 245 students. Determination of the number of samples with the Slovin formula obtained 152 students, using cluster random sampling technique then taken as many as four classes totaling 175 students. Data collection techniques using questionnaires and documentation and data analysis using multiple linear regression analysis. The results showed that: 1) The learning independence of class XI students at SMA Negeri 3 Jember with a very high category of 2%, a high category with 68% and a medium category as much as 30%. 2) The learning discipline of class XI students at SMA Negeri 3 Jember with a very high category of 23% and a high category of 77%. 3) The learning outcomes obtained by class XI students at SMA Negeri 3 Jember are in the very high category of 17%, and high of 83%. 4) There is a significant direct effect between learning inde- pendence and learning discipline together on the biology learning outcomes of class XI students of SMA Negeri 3 Jember. 5) There is a significant influence between learning independence and individu- al learning discipline on the biology results of class XI students of SMA Negeri 3 Jember

Keywords: Learning Independence, Learning Discipline, Learning Outcomes.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan disiplin belajarterhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember. Penelitian ini dila- tar belakangi oleh beberapa factor internal yang mempengaruhi hasil belajar. Salah satu faktor tonus jasmaniah. Kemandirian dan disiplin belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang dil- akukan di SMA Negeri3 Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XIMIPA yang berjumlah 245 siswa. Penentuan jumlah sampel dengan rumus Slovin diperoleh 152 siswa, dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diambil sebanyak empat kelas yang berjumlah 175 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis re- gresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kemandirian belajar siswa kelas XIMIPA di SMA Negeri3 Jember dengan kategori sangat tinggi sebanyak 2%, kategori tinggi dengan 68% dan kategori sedang sebanyak 30%. 2) Disiplin belajar siswa kelas XIMIPA di SMA Negeri 3 Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 23% dan kategori tinggi sebesar 77%. 3) Hasil belajar yang di- peroleh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri3 Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 17%, dan tinggi sebesar 83%. 4) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara kemandirian belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri3 Jember. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan disiplin belajar secara individu terhadap hasil biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri3 Jember.

Kata kunci: Kemandirian Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar

References

Asrori. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidispliner. Purwokerto: CV Pena Persada. 2020

Duli, Nikolaus. Metodologi Penelitian Kuantitatif; Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data dengan Spss. Yogyakarta; Deepublish .2019

Egok, Asep Sukenda. “Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 7 Edisi 2 Desember 2016

Ekawati, Shindy. “Pengaruh Kedisiplinan dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Ma- tematika Siswa.” Jurnal Pedagogy ,Volume 1 Nomor 2. 2019

Ariska, Elsa. “Pengaruh Kemandirian Belajar Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang”. Skripsiuniversitas Negeri Semarang.2016

Khafid, Muhammad dkk. “Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi. “ Journal Pendidikan Ekonomi. Vol. 2, No.2. 2007

Lestari, Nita. “Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siwa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Universitas negeri yogyakarta.2017

Ningsih, Rita dan Nurrahmah, Arfatin. “Pengaruh Kemandirian Belajar danPerhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Jurnal Formatif Vol. 6 No. 1. 2016

Rijal, Syamsu. “Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Jurnal Bioedukatika, Vol 3 No.2. 2015

Rusmiyati, Febti. “Pengaruh Kemandirian dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Metematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rongkop.” Jurnal Pendidikan Matematik, Vol 5 No 1.2017

Sulistyaningsih, Desy. “Pengaruh Disiplin belajar terhadap Prestasi Belajar Kognitif Pendidi- kan Agama Islam pada Aspek Aqidah dan Fiqih Siswa Smp Negeri 32 Semarang”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo. 2018

Sobri, Muhammad dan Moerdiyanto. “Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar ter- hadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya.” Jurnal Har- moni Sosial, Volume 1 Nomor 1,2014

Tahar, Irzan dan Enceng. “Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidi- kan Jarak Jauh. ” Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh,Volume. 7, Nomor 2. 2006

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Latifa, A. W. (2024). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 3 JEMBER. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 67-84. Retrieved from https://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/article/view/66