PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 3 JEMBER

Authors

  •   Alvi Wardatul Latifa   Universitas Islam Negeri Jember
  •   Umi Farihah

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v4i2.66

  Keywords:

Kemandirian Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan disiplin belajarterhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Jember. Penelitian ini dila- tar belakangi oleh beberapa factor internal yang mempengaruhi hasil belajar. Salah satu faktor tonus jasmaniah. Kemandirian dan disiplin belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang dil- akukan di SMA Negeri3 Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XIMIPA yang berjumlah 245 siswa. Penentuan jumlah sampel dengan rumus Slovin diperoleh 152 siswa, dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diambil sebanyak empat kelas yang berjumlah 175 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis re- gresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kemandirian belajar siswa kelas XIMIPA di SMA Negeri3 Jember dengan kategori sangat tinggi sebanyak 2%, kategori tinggi dengan 68% dan kategori sedang sebanyak 30%. 2) Disiplin belajar siswa kelas XIMIPA di SMA Negeri 3 Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 23% dan kategori tinggi sebesar 77%. 3) Hasil belajar yang di- peroleh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri3 Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 17%, dan tinggi sebesar 83%. 4) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara kemandirian belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri3 Jember. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan disiplin belajar secara individu terhadap hasil biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri3 Jember

References

Asrori. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidispliner. Purwokerto: CV Pena Persada. 2020

Duli, Nikolaus. Metodologi Penelitian Kuantitatif; Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data dengan Spss. Yogyakarta; Deepublish .2019

Egok, Asep Sukenda. “Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 7 Edisi 2 Desember 2016

Ekawati, Shindy. “Pengaruh Kedisiplinan dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Ma- tematika Siswa.” Jurnal Pedagogy ,Volume 1 Nomor 2. 2019

Ariska, Elsa. “Pengaruh Kemandirian Belajar Di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang”. Skripsiuniversitas Negeri Semarang.2016

Khafid, Muhammad dkk. “Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi. “ Journal Pendidikan Ekonomi. Vol. 2, No.2. 2007

Lestari, Nita. “Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siwa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Universitas negeri yogyakarta.2017

Ningsih, Rita dan Nurrahmah, Arfatin. “Pengaruh Kemandirian Belajar danPerhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Jurnal Formatif Vol. 6 No. 1. 2016

Rijal, Syamsu. “Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Jurnal Bioedukatika, Vol 3 No.2. 2015

Rusmiyati, Febti. “Pengaruh Kemandirian dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Metematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rongkop.” Jurnal Pendidikan Matematik, Vol 5 No 1.2017

Sulistyaningsih, Desy. “Pengaruh Disiplin belajar terhadap Prestasi Belajar Kognitif Pendidi- kan Agama Islam pada Aspek Aqidah dan Fiqih Siswa Smp Negeri 32 Semarang”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo. 2018

Sobri, Muhammad dan Moerdiyanto. “Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar ter- hadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya.” Jurnal Har- moni Sosial, Volume 1 Nomor 1,2014

Tahar, Irzan dan Enceng. “Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidi- kan Jarak Jauh. ” Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh,Volume. 7, Nomor 2. 2006

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Latifa, A. W., & Farihah, U. (2024). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 3 JEMBER. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 67–84. https://doi.org/10.35719/alveoli.v4i2.66