PERBEDAAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI MA UNGGULAN MAMBA’UL HUDA KRASAK BANYUWANGI YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN DAN YANG TINGGAL DI RUMAH

DOI:
https://doi.org/10.35719/alveoli.v5i2.65Keywords:
motivasi belajar biologi, hasil belajar biologi, siswa yang tinggal di pondok pe- santren,, siswa yang tinggal di rumahAbstract
Abstrak:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaan lingkungan tempat tinggal siswa di MA Unggulan Mamba’ul Huda Krasak Banyuwangi. Ada siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tinggal di rumah. Siswa yang tinggal di pondok pesantren memiliki beban belajar yang lebih besar dari pada siswa yang tinggal di rumah dikarenakan siswa yang tinggal di pondok pe- santren selain mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah juga berkewajiban untuk mengikuti se- luruh aktifitas pondok pesantren. Sedangkan siswa yang tinggal di rumah hanya memilki beban bela- jar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar bi- ologi siswa kelas XI IPA MA Unggulan Mamba’ul Huda Krasak Banyuwangi yang tinggal di pon- dok pesantren dan tinggal di rumah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XI IPA MA Unggulan Mamba’ul Huda Banyuwangi yang ber- jumlah 100 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Dispropotional Random Sampling. Jumlah sampel terdiri dari 35 siswa yang tinggal di pondok pesantren dan 35 siswa yang tinggal di rumah. Analisis uji Hipotesis menggunakan Statistik Parametrik dengan rumus Independent Sample z-test program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan mo- tivasi dan hasil belajar antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dan tinggal di rumah
References
Akhiruddin,dkk. Belajar dan Pembelajaran. CV Cahaya Bintang Cemerlang: Makasar, 2019
Bahtiyar, Afwan. Perbandingan Hasil belajar Antara Antara Siswa yang Tinggal di Asrama dengan Siswa yang Tinggal di Rumah Orangtua Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X
SMA Al-Kautsar. Skripsi. Bandar Lampung T.A 2015/2016. Skripi.Universitas Lampung, 2017
Badaruddin,Achmad. Peningkatan Motivasi Belajar siswa Melalui Konseling Klasikal. CV Abe Kreatifindo: Jakarta, 2015
Budina, Sandi, Nita Karmila, Ratna Devi. Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Bela- jar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan.Vol. 12. No. 2. (2020)
B.Uno, Hamzah. Teori Motivasi dan Pengukurannya:Analisis di Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara: Jakarta, 2013
Darlis, Ahmad.” Hakikat Pendidikan Islam:Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal,Non Formal Dan Formal”. Jurnal Tarbiyah, Vol.24. No.1, 2017.
Dahlia. Wahyudi, sakka. 2021. “ Tingkat Pendidikan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru”. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informatika, Vol.7.No.7, (2021).
Emda, Amna, “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran”. Lantanida Journal, Vol.5 No.2, 2017
Febriani, Alsa Putri. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Proses Pembelajaran Kelas XI Di SMK Negeri Cianjur. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan. Vol. 11. No.1, (2021).
Ferdianti,Suci. “Studi Komparasi Hasil Belajar Santri Yang Menetap Di Pesantren Dan Santri
Yang Menentap Di Rumah Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Inayatullah Gasing Laut”. Skripsi.UIN Raden Fatah: Palembang, 2017
Firdaus, Miftahul. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Displin Belajar Siswa Di Ke- lasxi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK PIRI Yogyakarta Tahun Ajaran 2- 012/2013. Skipsi. Unoversitas Negeri Yogyakarta, 2013
Fitriyani, M Anisa. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Pondok Pesantren terhadap Hasil Belajar SIswa Kelas XI IPS MAN Babakan Ciwaringin Cirebon. Skripsi:UIN Ma- lang, 2016.
Hidayah, F. N. Hubungan Antara Dukungan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri Bumi I Laweyan Surakarta. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muham- madiyah Surakarta, 2012
Ichsan, Muhammad. “Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar”. Jurnla edukasi, Vol.2. No.1. Januari, (2016).
Machfudz. Penguatan Pendidikan Melalui Lingkungan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Madrasah. Jurnal Studi Keislaman. Vol.11. No. 2, 2020
Nidawati. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Agama’’. Jurnal Pioner, Vol. 1. No.1, 2013
Purnomo, M. Halim. Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren, CV Bildung Nusantara : Yogyakarta, 2017
Raresik, Kd. Ayuning, I Kt. DibiaI Wyn. Widiana, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sd Gugus VI” . e- Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol.4 No.1, 2016.
Rukhoiyah, Sarifah, M. Zaimuddin W, “Studi Perbandingan Hasil belajar Antara Siswa Yang Tinggal Di Pondok dengan yang Tinggal Di Luar Pondok “. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.4. No.1, 2020.
Sholeh, Muhammad. “Perbedaan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Pada Siswa yang Menggunakan Sistem Boarding School dan Siswa yang Tidak Menggunakan Sistem Boarding School di Sma Muhammadiyah 1 Gresik”. E-Journal Unesa, Vol.1, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Rnd, Alfabeta : Bandung, 2013.
Thaeb.M Razali. Menumbuhkan Sikap Siswa Dalam Mencapai Hasil Belajar. Lantanida Jur- nal. Vol.4. No.1, (2016).
Turhusna, Dalila dan Saomi Solatun. Perbedaan Individu Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1. No. 2, 2020.
Widyaningtiyas, Anisa. dkk. Peran Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pati. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.1. No.1, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lita Sunna Latifah, Umi Farihah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.