Persepsi Mahasiswa Biologi terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19

Authors

  • Sidatul Maulah IAIN Jember
  • Farikhatun Nurul A IAIN Jember
  • Nofida R. Ummah IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i2.6

Keywords:

Perception, COVID-19, learning model, online lectures

Abstract

Dengan adanya pendemi COVID-19 membuat perkuliahan tidak dapat berjalan secara normal. Dengan ini perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Jember dengan mengikuti arahan pemerintah untuk melaksanakan secara daring atau online sehingga memungkinkan untuk penerapan perkuliahan daring. Penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa Biologi mengenai media pembelajaran dalam perkuliahan daring, model komunikasi pembelajaran, gaya belajar, dan keefektifan perkuliahan daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Jumlah sampel penelitian sebanyak 50 mahasiswa dengan pemberian angket secara online Dengan populasi kampus yang ada  di Kabupaten Jember meliputi IAIN Jember, IKIP Jember, UNMU Jember, UNEJ, UIJ yang sudah melaksanakan daring selama karantina covid 19. Dari pengisian angket online mahasiswa lebih menyukai aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran yang efektif, model komunikasi semi dua arah, gaya belajar visual, dan dengan adanya perkuliahan daring ini mahasiswa Biologi masih kurang puas atas apa yang diterima selama perkuliahan daring, karena ada berbagai faktor yang membuat merasa kurang puas.

Downloads

Published

2020-08-15

How to Cite

Maulah, S., Nurul A, F. ., & R. Ummah, N. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 49-61. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i2.6