PERBANDINGAN LITERASI SAINS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) DENGAN NON-BSE BIOLOGI KELAS X SMA PADA KONSEP KINGDOM PLANTAE

DOI:
https://doi.org/10.35719/alveoli.v4i1.55Keywords:
Buku Sekolah Elektronik (BSE), Literasi sains, non-BSEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara BSE (Buku Sekolah Elektronik) dengan Non-BSE Biologi Kelas X SMA berdasarkan literasi sains yang ditinjau dari kategori sains sebagai batang tubuh pengetahuan, sains sebagai cara untuk menyelidiki, sains sebagai cara untuk berpikir, dan interaksi sains dengan teknologi dan masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu menganalisis buku dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah BSE biologi Kelas X SMA yang diterbitkan oleh Kemendikbud dan tiga Non-BSE biologi Kelas X SMA dari penerbit Erlangga, Tiga Serangkai, dan Intan Pariwara. Analisis instrumen penelitian dilakukan oleh tiga observer dan selanjutnya divalidasi oleh tiga ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori sains sebagai cara untuk berpikir diperoleh BSE lebih unggul dari semua Non-BSE. Pada kategori sebagai batang tubuh pengetahuan BSE lebih unggul daripada Non-BSE Erlangga dan Intan Pariwara. Sedangkan kategori interaksi sains dengan teknologi dan masyarakat diperoleh BSE hanya lebih unggul dari Non-BSE Intan Pariwara. Berikutnya Non-BSE lebih unggul dari BSE dalam kategori sains sebagai cara untuk menyelidiki
References
Aqil, Deden Ibnu. (2017). “Literasi Sains Sebagai Konsep Pembelajaran Buku Ajar Biologi Di Sekolah.” Wacana Didaktika 5, no. 02: 160. Diunduh dari https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.v5i02.59.
Fitriyani, Nurul Laili, Riezky Maya Probosari, and Suciati. (2018). “Analisis Buku Ajar Biologi Kelas X Semester Ganjil Berdasarkan Kategori Literasi Sains Chiappetta Dan Fillman.” Biotek 6.
Ginting, Vijai Eriyandi. (2018). “Analisis Tingkat Literasi Sains Buku Teks Biologi Kelas Xi Pada Materi Sistem Saraf Di Sma Se-Kecamatan Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2016/2017.” Jurnal Pelita Pendidikan 6, no. 1. Diunduh dari https://doi.org/10.24114/jpp.v6i1.8900.
Pratiwi, Indah. (2019). “Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 4, no. 1: 51. Diunduh dari https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157.
Q, Hila Lailatul, Eny Supriyati Rosyidatun, and Sujiyo Miranto. (2015). “Analisis Isi Buku Sekolah Elektronik (Bse) Biologi Kelas Xi Semester 1 Berdasarkan Literasi Sains.” Edusains 7, no. 1: 1–10. Diunduh dari https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1403.
Toharudin, Uus, Sri Hendrawati, and Andrian Rustaman. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. 1st ed. Bandung: Humaniora.
Wahyu, Endah, Apit Fathurohman, and Sardianto Markos. (2016). “Analisis Buku Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP/MTs Berdasarkan Kategori Literasi Sains.” Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika 3, no. 2: 14–24.
Wulandari, Ria. (2017). “Berpikir Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains.” SEJ (Science Education Journal) 1, no. 1: 29. Diunduh dari https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.839.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Atika Okta Melisa, Aeniyah Ulfas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.