Analisis Perangkat Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Euis Vera Nursari Universitas Kuningan, Jawa Barat
  • Ina Setiawati Universitas Kuningan
  • Lilis Lismaya

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i2.52

Keywords:

Higher Order Thinking Skill (HOTS), learning tools, online learning

Abstract

Higher order thinking skill (HOTS)-based learning tools prepared by teachers are often not optimally prepared in learning activities, especially in online learning, so there are still many teachers who are not optimal in compiling higher order thinking skill (HOTS)-based learning tools. This study aims to analyze (1) the Learning Process Plan (RPP) based on higher order thinking skills (HOTS) during the covid-19 pandemic, (2) the implementation of learning based on higher order thinking skills (HOTS) during the covid-19 pandemic. , (3) evaluation of higher order thinking skill (HOTS) based learning during the covid-19 pandemic. The type of research used is descriptive qualitative. The research subject is a biology teacher in class XI of SMAN 2 Kuningan. The object of research includes lesson plans, implementation of learning, and evaluation of learning. Data collection techniques consist of observation and documentation. Data analysis through credibility test, transferability test, dependability test, and confirmability test. The results of this study indicate that (1) the Learning Process Plan (RPP) is based on higher order thinking skills (HOTS) during the covid-19 pandemic with a good category, (2) the implementation of learning is based on higher order thinking skills (HOTS) during the pandemic. covid-19 with a very good category, (3) the evaluation of learning has been based on higher order thinking skills (HOTS) during the covid-19 pandemic with a good category. 

Keywords: Higher Order Thinking Skill (HOTS), learning tools, online learning, 

Perangkat pembelajaran berbasis higher order thinking skill (HOTS) yang disusun oleh guru sering kali tidak dipersiapkan secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam pembelajaran daring, sehingga masih banyak guru yang belum maksimal dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis higher order thinking skill (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Rencana Proses Pembelajaran (RPP) yang berbasis higher order thinking skill (HOTS) di masa pandemi covid-19, (2) pelaksanaan pembelajaran yang berbasis higher order thinking skill (HOTS) di masa pandemi covid-19, (3) evaluasi pembelajaran berbasis higher order thinking skill (HOTS) di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya guru biologi kelas XI SMAN 2 Kuningan. Objek penelitian meliputi RPP, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data terdiri observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui uji credibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rencana Proses Pembelajaran (RPP) sudah berbasis higher order thinking skill (HOTS) di masa pandemi covid-19 dengan kategori baik, (2) pelaksanaan pembelajaran sudah berbasis higher order thinking skill (HOTS) di masa pandemi covid-19 dengan kategori sangat baik, (3) evaluasi pembelajaran sudah berbasis higher order thinking skill (HOTS) di masa pandemi covid-19 dengan kategori baik.

Kata Kunci : Higher Order Thinking Skill, perangkat pembelajaran, pembelajaran daring.

References

Anderson,L.W.,& Krathwohl,D.R.(2015).Kerangka Landasan untuk Pembelajaran,Pengajaran, dan Asesment (terjemahan).Yogyakarta : Pustaka Pelajar.100-133.

Ariyana,Y., Pudjiastuti,A.,Bestary, R., & Zamroni.(2018).Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.Jakarta : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK).7-13.

Andriani, Supriyatman, & Muslimin. (2020). Analisis Soal Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Bentuk Essay yang dibuat oleh Guru Fisika SMA di Kota Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(2), 95–98.

Febriani, W. D., Sidik, G. S., & Zahrah, R. F. (2013). ANALISIS PENGELOLAAN EVALUASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 60–72.

Febrina, D. (2018). STUDI TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERDASARKAN STANDAR PROSES DI SMA NEGERI 7 PADANG. Jurnal Buana, 2(1), 338–349.

Ferywidyastuti, S. (2015). PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN JIGSAW BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MAHASISWA. The 2nd University Research Coloquium 2015, 325–335.

Gusnawati, Y., & Anwar, S. (2020). ANALISIS LEVEL SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA/MA DI KOTA PADANG. Jurnal Buana, 4(1), 91–101.

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140.

Hanisa, Syamwil, & Susanti, D. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri Di Kotapadang (Tinjauan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Jurnal Ecogen, 1(2), 371. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4757

Hasibuan, A. Z., & Aisiah. (2020). Pelaksanaan Remedial dan Pengayaan dalam Pembelajaran Sejarah di SMA A Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 434–444.

Helmawati.(2019).Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.158.

Indaryanti, Susanti, E., Aisyah, N., & Scristia. (2019). Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang. Jurnal Gantang, 4(2), 103–109. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1429

Izzati, N. (2015). Pengaruh Penerapan Program Remedial dan Pengayaan Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil belajar Matematika Siswa. EduMa, 4(1), 55–68.

Kairuddin. (2018). Analisis Proses Jawaban Siswa Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah pada Kelas Pembelajaran Kontekstual dan Kelas Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa SMPN 1 Salapian. Jurnal Inspiratif, 4(1), 101–111.

Kunandar. (2013).Penilaian Autentik : Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Lidi, M. W. (2018). PEMBELAJARAN REMEDIAL SEBAGAI SUATU UPAYA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR. Foundasia, IX(1), 15–26.

Lismaya, L. (2018). PENGGUNAAN LKM BERBASIS MASALAH PADA OUTDOOR ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN MULTIPLE Intelligences mahasiswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi Volume, 10(1), 71–78. https://doi.org/10.25134/quagga.v10i01.874.Abstrak

Majid, Abdul.(2013).Perencanaan Pembelajaran.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.15.

Muslich, Muhammad.(2014).Pengembangan Model Assessment Afektif Berbasis Self Assessment dan Peer Assessment di SMA Negeri 1 Kebomas.Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan.2(2).143-148.

Norlaila. (2015). Efektivitas Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu ( SDIT ) Ukhuwah Kota Banjarmasin. Taswir, 3(5), 99–116.

Nurjanah. (2019). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Psikomotorik Pada Pendidikan Anak Usia Dini. JurnalAL_Athfal, 2(2), 45–61.

Permendikbud.(2013).Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.Jakarta : Kemendikbud

Rizaldi, S. R. (2020). Analisis Materi dan Tujuan Pembelajaran pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan MIPA Volume, 10(2), 60–64.

Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri, 2(April), 1–13.

Sari, N. M., Sabri, T., Kresnadi, H., Keguruan, F., Pendidikan, I., & Pontianak, U. T. (2020). Analisis perangkat pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik dalam masa covid-19 di kelas iv sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(11), 1–8.

Setiawati, I., & Hindriana, A. F. (2020). JPBIO ( Jurnal Pendidikan Biologi ). JPBIO ( Jurnal Pendidikan Biologi ), 5(1), 1–11. https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.531

Setyorini, D.,& Izzati, R. E.(2016).Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Bersahabat Siswa Kelas IV SD.Jurnal Prima Edukasia.4(2).120-133.

Sidik, D. C. N., Jamali, & Rodisin, D. N. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator pada Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi COVID-19 di SMP NEGERI 1 KUNINGAN dan SMA NEGERI 2 KUNINGAN. My Campaign Journal, 3(1), 1–13.

Sulistiawan, M. J., Yulistio, D., & Arifin, M. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Di Kelas Xi Sma Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 101–106. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3276

Sugiyono.(2015).Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta.hal.283-377.

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 210–215.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Warju, Ariyanto, S. R., Soeryanto, & Trisna, R. A. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe HOTS pada Kompetensu Sistem Rem di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95–104.

Yuliana, N. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Nursari, E. V., Setiawati , I., & Lismaya, L. (2021). Analisis Perangkat Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Masa Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 78-97. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i2.52