KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SIKAP SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TENTANG VIRUS CORONA

Authors

  •   Mita Irawati   Universitas Negeri Medan
  •   Hasruddin

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v5i2.51

  Keywords:

Kemampuan aspek kognitif, Sikap siswa, Virus corona

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pengetahuan dan sikap siswa tentang virus corona di kelas X IPA dari aspek kognitif dan sikap siswa di kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas X IPA sebanyak 142 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sebanyak 110 dari 142 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan aspek kognitif siswa tergolong kategori baik dengan nilai rata-rata 73,30. kemampuan kognitif pada indikator pengetahuan sebesar 80%, indikator pemahaman sebesar 87%, indikator penerapan sebesar 78%, indikator analisis 78%. Indikator evaluasi sebesar 57%, dan indikator kreasi sebesar 50%. Persentase kemampuan siswa dalam menjawab soal tiap indikator menghindari wabah virus corona 76%, indikator penyebaran virus corona 78%, indikator ciri-ciri penyebaran virus corona 87%, indikator dampak virus corona 41%, dan indikator penanganan medis 65%. Sementara untuk nilai sikap siswa tergolong kategori baik dengan nilai rata-rata 79,21%. Persentase penilaian sikap siswa terdiri dari 5 indikator, indikator sikap menerima 81%, indikator sikap menanggapi 83%, indikator sikap menghargai 81%, indikator sikap mengorganisasi 76%, dan indikator sikap karakteristik 75%.

References

Azwar, S. (2007). Sikap Manusia, Teori dan pengukurannya, Jakarta: Erlangga.

Baharuddin. 2010. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, cet. 2.

Dewi, W, A, F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1): 55-61.

Hagerhon. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkualitas Belajar, Jakarta:Bumi Aksara.

Hamzah. (2003). Guru Profesionali. Jakarta: PT Grafindo persada.

Hasruddin., dan Saputri, Z, S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Tema Komponen Ekosistem dan Jaring-jaring Makanan pada Siswa Sekolah Dasar. Junal Pendidikan Pembelajaran IPA.1 (1): 1-6.

Ikbal., Taena, L., dan Ilham, M. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Bone Kabupaten Muna. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonimi. 4 (1): 9-13.

Maolinda, N., Sriati, A., dan Maryati, I. (2010). Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Siswa terhadap Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja di SMAN 1 Margahayu. Jurnal keperawatan. 1 (1) : 1-15.

Mulyana, A., Hidayat, S., dan sholih. (2013). Hubungan Antara Persepsi, Minat dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 19 (2): 315-330.

Rahmi, E, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kemampuan Awal Siswa terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bonjol. Jurnal Pendidikan Rokania, II (2): 177-185.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, cet.2

Rosa, F, O. (2015). Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika. 1 (2): 24-28.

Sohan, A. (2003). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Siswa Tentang Sistem Reproduksi Manusia di SMPN 1 Segeyen Slmena. Yogyakarta: Karya Tulis.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Mita Irawati, & Hasruddin. (2024). KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SIKAP SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TENTANG VIRUS CORONA. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 116–124. https://doi.org/10.35719/alveoli.v5i2.51