IDENTIFIKASI PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN BIOLOGI DARING DITENGAH PANDEMI COVID 19

Authors

  •   Suci Anjani Rofiah   IAIN JEMBER
  •   Dewi Hariyanti   IAIN Jember
  •   Suci Romdaniah   IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v5i2.32

Abstract

Pandemi covid 19 dan diberlakukannya sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) sangat berpengaruh terhadap pendidikan, dalam pelaksanaanya pembelajaran daring yg berlangsung dirumah melibatkan peseta didik dan tentunya orang tua yang mendampingi peserta didik dalam pelaksanaan pembelajarn daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orang tua mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember terhadap sistem pembelajaran daring selama pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Jumlah sampel penelitian sebanyak 50 orang tua mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember dengan pemberian angket secara online, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil pengisian angket menghasilkan pembelajara secara daring tidak efektif 83,7% jawaban YA , Orang tua menyediakan biaya khusus untuk fasilitas kuota internet 83%  jawaban YA dan Praktikum dilaksanakan di rumah memberatkan 76,7% jawaban YA. Persepsi orang tua dengan adanya sistem pembelajaran daring orang tua tidak setuju karena tidak efektif dan mengeluarkan banyak biaya.

References

Agoestyowati, Redjeki. 2020. Dampak Positid dan Negatid tentang Pembelajaran Online Saat Pandemi Covid-19 Melanda. Jurnal AKSARA Public. Vol. 4 (3).

Bayu, Niken Argaheni. 2020. Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Dariing Saat Pan-demi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLASENTUM Jurnal Ilmi-ah Kesehatan dan Aplikasinya. Vol. 8 (2).

Bisyri, Abdul Karim. 2020. Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid 19 Refleksi Sosiologis .Education and E learning Jurnal . Vol 1 No 2

Burnie, David. 2005. Bengkel Ilmu Ekologi. Surabaya: Erlangga.

Cahyati, Nika, dan Rita Kusumah. 2020. Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembela-jaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi. Vol. 4 (1).

Dewi, Wahyu Aji Futuah. 2020. Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2 No 1

Eko, Yahya Nopiyanto, Septian Raibowo, Rahmat Yahya Suryatama, dan Ibrahim. 2020. Hambatan Guru Pendidikn Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika. Vol. 5 (2).

Hardani, Dwi Oktawirawan. 2020. Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol. 20 (2).

Hariyanti, Dewi dkk. 2020. Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pembelajarang Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Alveoli. Vol 1(1)

Hartanto, W. 2016. Penggunaan E-learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol 10 (1).

Hermy, dkk. 2020. Kendala Orang Tua Mendampingi Anak Belajar di Rumah dalam Menghadapi Situasi Covid 19. Jurnal Ilmu Pendidikan, PKN dan Sosial Bu-daya. Vol 4 No 1

Lase, Delipter. 2020. Persepsi Orang Tua Siswa Sekolah Dasar di Gunung Sitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan Sains, Humaniora dan Kebudayaan. Vol 2 No 2

Laily, Dian Nafisah Vivi Laily. 2020. Peran Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran On-line Ditengah Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas IV MIN 3 Karang Anyar. Skripsi. IAIN Salatiga

Maesaroh, Siti. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Bela-jar Pendidikan Agama Islam. Jurnak Kependidikan. Vol. 1 (1).

Mustakim. 2020. Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. All asma: Journal of Islamic Education. Vol. 2 (1).

Novi, Randi. 2020. Laporan Praktikum Mandiri dalam Bentuk Video Presentasi untuk Mengembangkan Kreativitas dan Komunikasi Lisan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 3 (1).

Nurdin, dan La Ode Anhusadar. 2020. Efektifitas Pembelajaran Online Pendidik Paud di Tengh Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Di-ni. Vol. 5 (1).

Purwanto, dkk. 2017. Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Proses Pem-belajaran Online di SD. Vol 2 No 1

Sarwono. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali press

Sarwono. 2009. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali press

Sadikin, Ali. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Covid-19 (Online Learning in the Midle of the Covid-19 Pandemic). Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 6 (2).

Sugiyono.2014.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tarjo. 2019. Metode Penelitian. Yogyakarta : Deepublish

Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol 8 No 3

Yustanti, Ike, dan Dian Novita. 2019. Pemanfaatan E-learning bagi Para Pendidik di Era Digital 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Rofiah, S. A., Dewi Hariyanti, & Suci Romdaniah. (2024). IDENTIFIKASI PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN BIOLOGI DARING DITENGAH PANDEMI COVID 19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 136–150. https://doi.org/10.35719/alveoli.v5i2.32