Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring terhadap Mahasiswa Tadris Biologi dalam Memahami Materi Mata Kuliah Biokimia

Authors

  • Mila Yatimatul Isnayni IAIN Jember
  • Wildan Hermansyah INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.3

Keywords:

biochemistry, biology education, online learning

Abstract

This study aims to find out how the influence of biochemical learning conducted online system on the understanding of students of Biology at IAIN Jember. This research was conducted by giving questionnaire to respondents online. The type of itprovided is an open questionnaire, in which the respondent is free to fill in the answers according to his wishes. Based on the questionnaire, it was found that students had difficulty understanding biochemistry courses. Difficulties in understanding the sub material that has been provided through online, which is felt to be less effective, it can have an influence on the low learning achievement of Tadris biology students at IAIN Jember.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran biokimia yang dilaksanakan secara sistem daring terhadap pemahaman mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan kuisioner/angket kepada responden secara online. Jenis angket yang diberikan adalah angket terbuka, yang di dalamnya responden bebas mengisi jawaban sesuai kehendaknya. Berdasarkan angket, didapatkan hasil bahwa mahasiswa kesulitan dalam memahami mata kuliah biokimia. Sulitnya dalam memahami materi yang sudah disediakan melalui online, yang dirasa kurang efektif, hal tersebut dapat memberikan pengaruh pada rendahnya prestasi belajar mahasiswa Tadris biologi IAIN Jember.
Kata Kunci: biokimia, pembelajaran daring, pendidikan biologi.

Downloads

Published

2020-06-10

How to Cite

Isnayni, M. Y., & Hermansyah, W. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring terhadap Mahasiswa Tadris Biologi dalam Memahami Materi Mata Kuliah Biokimia. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 22-28. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.3