EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI TINGKAT SMA/MA

Authors

  •   Najmi Syafani Zahra   Padang State University
  •   Rahmadhani Fitri
  •   Heffi Alberida

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v6i1.257

  Keywords:

Keterampilan Abad ke-21, Media Pembelajaran, PBL, Pemahaman Konsep Biologi, Systematic Literature Review

Abstract

Di tengah tantangan kompleksitas global dan tuntutan keterampilan abad ke-21, khususnya dalam pembelajaran biologi, studi ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) terhadap 10 artikel yang terbit pada tahun 2021–2025 dan relevan dengan topik. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan PBL mampu meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep biologi siswa, meskipun ditemukan beberapa tantangan implementasi. Secara keseluruhan, PBL terbukti sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif dalam konteks pendidikan biologi.

References

Agnesa, O. K., & Rahmadana, A. (2022). Model Problem-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi. Journal on Teacher Education, 3(3), 65-81.

Aleknavičiūtė, V., Lehtinen, E., & Södervik, I. (2023). Thirty Years of Conceptual Change Research In Biology – A Review And Meta-Analysis of Intervention Studies. Educational Research Review, 41, 100556.

Anwar, Y., Rahmayanti, R., & Ermayanti, E. (2021). Biodiversity with problem-based learning: impact on quality of students’ scientific argumentation. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 14(2), 216-227.

Apriyani, N. D., & Alberida, H. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Argumentasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. Journal of Biology Education, 10(2), 112–120.

Apryani, Y., & Suryanto. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 11(1), 17-24.

Arahmat, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi. Jember: Universitas Jember.

Asmara, A., & Septiana, A. (2023). Model Pembelajran Berkonteks Masalah. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka.

Barrett, T. (2017). A New Model of Problem-Based Learning. AISHE Publications.

Fakhrizal, T., & Hasanan, U. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Biologi melalaui Penerapan Model Pembelajaran Problem based Learning di Kelas X SMA Negeri 1 Kluet Tengah. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 8(2), 200-217.

Fitriyyah, S. J., & Wulandari, T. S. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi Materi Pemanasan Global. Bioedukasi UNS, 12(1), 1-7.

Hartati, M. S., & Billa, K. S. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Madrasah Aliyah Yasuruka Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 238-248.

Hidayati, T. P., Sutresna, Y., & Warsono. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 9(1), 55–63.

Jørgensen, K. M. (2024). Storytelling How to Become Who You Are Through Problem-Based Learning. Journal of Philosophy of Education, 58(1), 31–45.

Kartini, B., Walid., & Rahayu, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Percaya Diri Siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Semarang melalui Penerapan Model PBL Berbantuan Permainan Isometri. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 836-840.

Kırkgöz, Y. (2024). Exploring Problem-Based Learning in Teacher Education Through Laura’s Story. International Journal of Educational Research Open, 7, 100256.

Komala, R., Heryanti, E., & Rinawati, A. (2021). Effect Of Problem-Based Learning Model On Biodiversity Problem-Solving Skills. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 14(1), 120-131.

Kristin, S., Zubaidah, S., & Sulisetijono, S. (2025). A Systematic Literature Review Of Mobile Learning Trends In Biology Education Over Ten Years. Social Sciences & Humanities Open, 11, 101429.

Laily, M. M., & Pertiwi, K. R. (2024). A Combination Of Problem Based Learning And Concept Mapping Significantly Increases Science Literacy And Discussion Skills Of Senior High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 10(5), 2407–2415.

Latifah, L., & Ritonga, I. 2020. Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal : Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63-80.

Lubis, S. P. W., Suryadarma, I. G. P., Paidi, & Yanto, B. E. (2022). The Effectiveness of Problem-based learning with Local Wisdom oriented to Socio-Scientific Issues. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3), 288–300.

Maulidya, H. Z., Aprilia, N., & Hanafi, Y. (2021). Studi Literatur Peningkatan Kemampuan Analisis Siswa Melalui Model PBL Pada Pembelajaran IPA Biologi. Journal of Biology Learning, 3(2), 55-64.

Meidiana, L. M., & Pertiwi, K. R. (2024). A Combination of Problem Based Learning and Concept Mapping. JPPIPA, 10(5), 2407–2415.

Mellyta, U., Candrawati, E., Herawati, A. A., & Latipah, N. (2021). Problem-Based Learning to Improve Concept Understanding And Critical Thinking Ability of Science Education Undergraduate Students. International Journal of Recent Educational Research (IJORER), 2(1), 65–72.

National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. (2018). How People Learn II: Learners, Contexts, and Cultures. Washington, DC: The National Academies Press.

Savin-Baden & Fraser. (2024). A Personal Introduction to Rethinking Problem-based Learning for the Digital Age. Journal of Problem Based leraning In Higher Education, 12(2), 53-61.

Sepriadi, I., Lufri., & Syamsurizal. (2023). Problem-Based Learning (PBL) Effect to Students’ Critical Thinking in Biology Class. Atrium Pendidikan Biologi, 8(2), 22-29.

Sinurat, R. S., Syahputri, N. D., Rambe, N. Y., Rebista, N., Hutabalian, P. M., & Amanda, N. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantukan E-LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas X SMAN 1 Medan. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(1), 1-10.

Suginem. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 32-36.

Suharyat, Y., Ichsan, I., Satria, E., Santosa, T. A., & Amalia, K. N. (2022). Meta-Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Abad-21 Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5081-5088.

Suhirman, S., Prayogi, S., & Asy’ari, M. (2021). Problem-Based Learning with Character Emphasis and Naturalist Intelligence. International Journal of Instruction, 14(2), 217–232.

Swiyadnya, I. M. G., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(4), 202–210.

Syamsidah., & Suryani, H. (2018). Model Problem Based Learning. Sleman : Deepublish CV Budi Utama.

Trilling, B., & Fadel, C. (2012). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass

Yasemin, K. (2024). Exploring Problem-Based Learning in Teacher Education Through Laura’s Story. International Journal of Educational Research Open, 7(2), 100–115.

Zahra, N. S., Fitri, R., & Alberida, H. (2025). Effectiveness of Problem Based Learning in Improving Understanding of Biology Concepts. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 92(2), 1–6.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Zahra, N. S., Rahmadhani Fitri, & Heffi Alberida. (2025). EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI TINGKAT SMA/MA . ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 5–11. https://doi.org/10.35719/alveoli.v6i1.257