ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJARNYA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH RAUDLATUS SYABAB SUKOWONO JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.35719/alveoli.v6i1.232Keywords:
aktivitas belajar, gaya belajar, mata pelajaran biologi, Raudlatus Syabab Sukowono JemberAbstract
Kesulitan belajar siswa dapat disebabkan oleh ketidaksesuaian antara gaya belajar siswa dengan rencana aktivitas pembelajaran yang disusun oleh guru. Menyesuaikan aktivitas belajar yang tepat dengan gaya belajar yang dimiliki oleh siswa diproyeksikan merupakan landasan yang harus dimiliki oleh seorang guru. Dengan demikian, pada penelitian ini peneliti berusaha mendeskripsikan aktivitas belajar siswa berdasarkan gaya belajar visual auditori kinestetik (VAK) pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA 2 di Madrasah Aliyah Raudlatus Syabab Sukowono Jember. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Prosedur penelitian secara garis besar adalah pengumpulan data, pencatatan data, peneliti melakukan analisis interaksi yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 2 dan guru mata pelajaran Biologi yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Seluruh instrumen penelitian yang digunakan tervalidasi dengan kategori baik. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan peneliti yaitu teknik triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini secara kualitatif menemukan bahwa rata-rata siswa dengan gaya belajar visual, dominan melakukan aktivitas belajar Visual Activities, yang diikuti secara berturut turut oleh Writing Activities, Listening Activities, Motor Activities, Drawing Activities, Mental Activities, Emotional Activities, dan Oral Activities. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori, dominan melakukan aktivitas belajar Listening Activities yang diikuti secara berturut turut oleh Motor Activities, Oral Activities, Visual Activities, Drawing Activities, Mental Activities, Emotional Activities, dan Writing Activities. Siswa dengan gaya belajar kinestetik, dominan melakukan aktivitas belajar Motor Activities yang diikuti secara berturut turut oleh Oral Activities, Visual Activities, Writing Activities, Drawing Activities, Mental Activities, Emotional Activities, dan Listening Activities.
References
Afriza, F. & Nasution, N.E.A. (2022). Comparison of The Learning Outcomes of Junior High School Students Utilizing Audio-Visual and Chart Learning Media to Study Ecosystem. META: Journal of Science and Technological Education, 1(1), 46-57. https://meta.amiin.or.id/index.php/meta/article/view/4
Agustin, M. N. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas XII Mipa 3 SMA N 1 Pulau Punjung Tahun Pelajaran 2019/2020. Inovasi Pendidikan, 8(2), 1-9. https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.2991
Anwar, T. M., Lisiswanti, R., & Wulan, A. J. (2019). Hubungan Gaya Belajar dan Keaktifan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dalam Diskusi Problem-Based Learning Blok Agromedicine. MEDULA, medicalprofession journal of lampung university, 9(1), 140-147. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/medula/article/view/2366
Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1990). Looking at the bright side: A positive approach to qualitative policy and evaluation research. Qualitative sociology, 13(2), 183-92. https://doi.org/10.1007/BF00989686
Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan, cetakan 8. Jakarta: Rineka Cipta.
De Porter, B., & Hernacki, M. (2000). Quantum learning. PT Mizan Publika.
Deswita, t. (2021). Analisis Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tapung (doctoral dissertation, universitas islam negeri sultan syarif kasim riau).
Harahap, M. P., & Nasution, N. E. A. (2022). Validity of Computer Based Learning Media to Improve Junior High School Students’ Learning Outcomes on Ecosystem Topics. META: Journal of Science and Technological Education, 1(1), 31–45. https://meta.amiin.or.id/index.php/meta/article/view/3
Harahap, F., Nurliza, & Nasution, N. E. A. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Perbanyakan Tanaman Melalui Kultur Jaringan sebagai Sumber Belajar Tambahan untuk Siswa Sma. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 052-061. Https://doi.org/10.24114/jpp.v8i1.17301.
Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The Effect of Blended Learning on Student's Learning Achievement and Science Process Skills in Plant Tissue Culture Course. International Journal of Instruction, 12(1), 521-538. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12134a.
Hasanah, N.U., Farihah, U., & Nasution, N. E. A. (2022). The Effect of Interactive Multimedia Adobe Flash Professional CS6 on Student Learning Outcomes of Excretion System Material Based on The Revised Bloom Taxonomy. 2022: The Proceeding of the Fifth ICCGANT 2021. http://proceedingcgantunej.or.id/index.php/proceedingcgant/article/view/10/13.
Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19. https://digilib.uinsgd.ac.id/30565/
Hasruddin, & Rezeqi, S. (2012). Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri Sekabupaten Karo. Jurnal Tabularasa, 9(1), 17-32. ISSN 1693-7732. http://digilib.unimed.ac.id/1402/
Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi permasalahan pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, 1415-1420.
Marpaung, J. (2015). Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2), 82-86. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Mayliana, E., & Sofyan, H. (2013). Penerapan accelerated learning dengan pendekatan SAVI untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kompetensi menggambar busana. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 14-28. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1573
Megawati, P. (2015). Meretas permasalahan pendidikan di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 227-234. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.105
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Miles, M. B., & Huberman, A. M. & Saldana, J.(2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. USA: Sage Publications.
Murcahyanto, H. (2023). Penggunaan Media Whatsapp pada Pembelajaran serta Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Gaya Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19. Journal of Elementary School (JOES), 6(1), 13-30.
Nasution, N.E.A., Al Muhdhar, M.H.I., Sari, M.S., & Balqis. (2023). Relationship between Critical and Creative Thinking Skills and Learning Achievement in Biology with Reference to Educational Level and Gender. Journal of Turkish Science Education, 20(1), 66-83. https://doi.org/10.36681/tused.2023.005
Nasution, N. E. A. (2023). Using artificial intelligence to create biology multiple choice questions for higher education. Agricultural and Environmental Education, 2(1), em002. https://doi.org/10.29333/agrenvedu/13071
Nasution, N. E. A., Harsono, T., Rizka, C., & Almeda, R. (2017). The Effect of Index Card Match Model on Students Learning Outcomes and Activity in Ecosystem Topic for Grade X SMA N 8 Medan. Journal of Education and Practice, 8(33), 68-74. https://core.ac.uk/display/234641209.
Nasution, S. (2000). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Nurbadriyah, F., Darmawan, P., & Wardani, M. A. K. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Dalam Mengatasi Keragaman Gaya Belajar Siswa Untuk Memenuhi Target Kurikulum. Journal Of Language Literature And Arts, 4(11), 1091-1096.
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56-63. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63
Patras, Y. E., Sabti, N. B., Windiyani, T., & Hidayat, R. (2021). The Effect of Learning Discipline on Independence Student Learning. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 70-79. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i2.3937
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prashign, B. (2007). The power of Learning Styles: Memicu Anak Melejitkan Prestasi dengan Mengenali Gaya Belajarnya. Bandung: Kaifa.
Puspitasari, R., Matsum, J. H., & Khosmas, K. (2019). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya pada Pelajaran Ekonomi Kelas XI MAS Raudhatul Ulum. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(7), 77-87. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i7.33758
Ritonga, N. C., & Rahma, I. F. (2021). Analisis gaya belajar VAK pada pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 76-86.
Romdaniyah, S., Nasution, N. E. A., & Rizka, C. (2023). Analysis of Biology Learning Planning on Plant Tissue Course in the Independent Learning Activity Unit (UKBM) based on Scientific Approach Class XI MIPA 5 at MAN Sumenep. META: Journal of Science and Technological Education, 2(2), 87–95. https://meta.amiin.or.id/index.php/meta/article/view/57
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nanda Eska Anugrah Nasution, Mita Utari Putri, Chairany Rizka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


