Pengembangan Calon Guru Berkarakter terhadap Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik

Authors

  • Khafidah Nur Hidayati IAIN Jember
  • Rico Berliyanto Institut Agama Islam Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i2.23

Keywords:

Teacher candidate, Character, Pedagogic Competence

Abstract

In the current era of globalization, teachers are a necessity that cannot be postponed again in line with the increasing competition that is getting tougher. So that we need people who are truly experts in their fields. In the development of prospective teachers who have character and fulfill teacher competence, students still feel less. The purpose of this study was to determine the development of character teacher candidates for Biology Tadris students of IAIN Jember in im- proving pedagogical competence. The research method used in this research is qualitative descrip- tive method with research subjects Biology Tadris students IAIN Jember. The results of this study indicate that students still feel less confident in becoming prospective teachers. As a prospective teacher, he must develop the character of his potential and increase his competence. Because as a prospective teacher must be able to manage learning and carry out their duties

 

Keywordteacher candidate, character, pedagogic competence

 

Era globalisasi saat ini, guru merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat ditunda- tunda lagi seiring dengan meningkatnya persaingan yang semakin ketat. Sehingga diperlukan orang-orang yang memang benar-benar ahli dalam bidangnya. Dalam pengembangan calon guru yang berkarakter dan memenuhi kompetensi guru masih dirasakan kurang oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan calon guru berkarakter terhadap maha- siswa Tadris Biologi IAIN Jember dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualiatif dengan subyek penelitian mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih merasa kurang yakin dalam menjadi calon guru. Sebagai calon guru harus mengembangkan karakter potensi dirinya dan meningkatkan kompetensinya. Karena sebagai calon guru harus bisa mengelola pembelajaran serta menjalankan tugas-tugasnya.

 

Kata Kunci: calon guru, berkarakter, kompetensi pedagogik

References

Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum, Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Cahyati, Suci. “Guru Berkarakter Untuk Pendidikan Karakter Di Sekolah.” AoEJ: Academy of Education Journal 11, no. 1 (2020), 71-72.

Fauzi, Imron. 2018. Etika Profesi Keguruan. Jember: IAIN Jember.

Januarti, Nur Endah dan Grendi Hendrastomo. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Perkuliahan Etika Dan Profesi Keguruan.” Jurnal Pendidikan Karakter VII, no. 2 (2017), 242-243.

Mekarisce, Arnild Augina. “Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat 12, no. 3 (2020), 150-151.

Permendikbud nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sukmawati, Rika. “Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik”. Jurnal Analisa 5, no. 1 (2019), 96-98.

Suyanto dan Djihad Asep. 2012. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional.

Yogyakarta: Multi Pressindo.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Hidayati, K. N., & Berliyanto, R. . (2021). Pengembangan Calon Guru Berkarakter terhadap Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 117-124. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i2.23