ANALISIS KEBUTUHAN E-MODULE BERBASIS PBLPOE MATERI EKOSISTEM UNTUK MELATIH LITERASI DIGITAL DAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMA

Authors

  •   Umi Fitriyati   Universitas Negeri Malang
  •   Aisyah Prastiwi Puri   Universitas Negeri Malang
  •   Herawati Susilo   Universitas Negeri Malang
  •   Dinar Arsy Angg   Universitas Negeri Malang
  •   Robby Nur Satriya   Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v4i2.227

  Keywords:

E-Modul, PBLPOE, Literasi Digital, Literasi Lingkungan, Analisis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan pada pengembangan e-module berbasis PBLPOE materi ekosistem untuk meningkatkan literasi digital dan lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan tahap pertama dari model pengembangan Lee & Owens (2004) yaitu analisis. Hasil menunjukkan rerata literasi digital siswa SMAN 1 Lawang sebesar 46,25% yang tergolong rendah dan literasi lingkungan sebesar 110,2 yang tergolong sedang. Pembelajaran di kelas menunjukkan bahwa materi ekosistem merupakan materi yang sulit dipahami. Pembelajaran di kelas lebih banyak dilakukan dengan metode klasikal, tidak variatif, dan monoton. Media pembelajaran yang digunakan guru tidak memudahkan siswa memahami materi. Alternatif yang digunakan guru adalah menggunakan model PBL. PBL akan efektif apabila diintegrasikan dengan model konstruktivisme seperti model POE yang kemudian disebut dengan model Problem Based Learning Predict Observe Explain (PBLPOE). Hasil dari penelitian analisis kebutuhan pengembangan e-module materi ekosistem ini dapat dilanjutkan sebagai dasar untuk tahap penelitian dan pengembangan selanjutnya.

References

Al-Dajeh, H. (2012). Assessing environmental literacy of pre-vocational education teachers in Jordan. College Student Journal, 46(3), 492-507.

Bloyd Null, D., Feeser, K., & Kurtzhals, G. (2021). An assessment of environmental literacy, behaviors, attitudes and lifestyle factors of college students. Journal of American Col-lege Health, 1-10.

BPS. (2018.) Laporan Indeks Perilaku Ketidakpedulian Lingkungan Hidup Indonesia 2018. http://surl.li/fkbwx.

Chawla, L., & Cushing, D. F. (2007). Education for strategic environmental behav-ior. Environmental education research, 13(4), 437-452.

Chiu, Y. L., Liang, J. C., & Tsai, C. C. (2016). Exploring the roles of education and Internet search experience in students' Internet-specific epistemic beliefs. Computers in Human Behavior, 62, 286-291.

Emaliana, I. (2017). Teacher-centered or Student-centered Learning Approach to Promote Learning? Jurnal Sosial Humaniora, 10(2), 59-70. http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v10i2.2161.

Firmansyah, G. & Hariyanto, D. (2019). The Use of QR Code on Educational Domain: a Re-search and Development on Teaching Material. Jurnal Penelitian Pembelajaran SPORTIF, 5(2), 265-278. Dari https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i2.13467.

Fitriana, A. N., Roshayanti, F. &, & Rakhmawati, R. (2018). Pengaruh Modul Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Lingkungan Siswa di SMA Negeri 10 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Enterpreneurship, 71–74.

Fitriani, A. (2020). Model PBLPOE (Problem Based Learning Predict Observe Explain). Ma-lang: Universitas Negeri Malang.

Hermawan, I., Suwono, H., Paranit, A. A. I., & Wimuttipanya, J. (2022). Student's Environ-mental Literacy: An Educational Program Reflections for a Sustainable Environ-ment. Journal of Biological Education Indonesia (Jurnal Pendidikan Biologi Indone-sia), 8(1), 1-9.

Jorgenson, S. N., Stephens, J. C., & White, B. (2019). Environmental education in transition: A critical review of recent research on climate change and energy education. The Journal of Environmental Education, 50(3), 160-171.

Khasanah, U. & Herina. (2019). Membangun Karakter Siswa melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

KOMINFO. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia 2022. https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/ReportSurveiStatusLiterasiDigitalIndonesia2022.pdf

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-module (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2). https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.75

Lee, W. W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based Instructional Design. California: Pfeiffer.

Maurer, M., & Bogner, F. X. (2020). Modelling environmental literacy with environmental knowledge, values and (reported) behaviour. Studies in Educational Evaluation, 65, 100863.

McBeth, B., Hungerford, H., Marcinkowski, T., Volk, T., Cifranick, K., Howell, J., & Meyers, R. (2011). National Environmental Literacy Assessment, Phase Two: Measuring the Ef-fectiveness of North American Environmental Education Programs with Respect to the Parameters of Environmental Literacy. Washington USA: NAAEE.

McBride, B. B., Brewer, C. A., Berkowitz, A. R., & Borrie, W. T. (2013). Environmental lit-eracy, ecological literacy, ecoliteracy: What do we mean and how did we get here? Eco-sphere, 4(5), 1-20.

Mohammadyari, S., & Singh, H. (2015.) Understanding the effect of e-learning on individual performance: The role of digital literacy. Computers and Education, 82, 11–25. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.10.025

Natsir, S. Z. M., Rubini, B., Ardianto, D., & Madjid, N. (2023). Interactive Learning Multi-media: A Shortcut for Boosting Gen-Z’s Digital Literacy in Science Classroom. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 8(4).

Nuraini, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369 - 378.

Perdana, R., Yani, R., Jumadi, J., & Rosana, D. (2019). Assessing students’ digital literacy skill in senior high school Yogyakarta. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 169-177.

Perdana, R., Yani, R., Jumadi, J., & Rosana, D. (2019). Assessing students’ digital literacy skill in senior high school Yogyakarta. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 169-177.

Permana, F. H. (2015). Pengembangan buku ajar biologi berbasis blended learning sebagai bekal hidup di abad 21 untuk mahasiswa S1 Kimia FMIPA UM. Makalah disajikan da-lam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 58, pp. 50-61). Maret 2015.

Roche, T. B. (2017). Assessing the role of digital literacy in English for Academic Purposes university pathway programs. Journal of Academic Language and Learning, 11(1), A71-A87.

Sadikin, A. & Hakim, N. (2019). Interactive Media Development of E-Learning in Welcoming 4.0 Industrial Revolution on Ecosystem Material for High School Students. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 131-138.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sontay, G., Gokdere, M., & Usta, E. (2015). A Comparative Investigation of Sub Compo-nents of the Environmental Literacy at the Secondary School Level. Journal of Turkish Science Education, 12(01), 258–267.

Spínola, H. (2015). Environmental literacy comparison between students taught in Eco-schools and ordinary schools in the Madeira Island region of Portugal. Science Education International, 26, 392-413.

Tania, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Ku-rikulum 2013 pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).

Tarimo, R., & Kavishe, G. (2017). Internet access and usage by secondary school students in Morogoro Municipality, Tanzania. International Journal of Education and Development using ICT, 13(2).

Triawang, G., & Kurniawan, E. (2021). The Effect of Digital Literacy towards the Selection of Social Science Teacher Learning Media. Pegem Journal of Education and Instruc-tion, 11(4), 316-319.

Wahyuni, D., Sudarisman, S. & Sugiyarto. 2015. Efektivitas Implementasi Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Diintegrasikan dengan Predict Observe Explain (POE) terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Kreativitas dan Kemampuan Infer-ensi Siswa. Jurnal Inkuiri, 4(01), 47 - 62.

Wardani, R. A. K., Karyanto, P., & Ramli, M. (2018, May). Analysis of high school students’ environmental literacy. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1022, No. 1, p. 012057). IOP Publishing.

Wijaya, R. E., Mustaji, M., & Sugiharto, H. (2021). Development of Mobile Learning in Learning Media to Improve Digital Literacy and Student Learning Outcomes in Physics Subjects: Systematic Literature Review. Budapest International Research and Critics In-stitute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 3087-3098.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad 21 yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Artikel disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Isu-Isu Strategi Pembelajaran MIPA Abad 21, Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Kalimantan Barat, 10 Desember 1-17.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Fitriyati, U., Puri, A. P., Susilo, H., Angg, D. A., & Satriya, R. N. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN E-MODULE BERBASIS PBLPOE MATERI EKOSISTEM UNTUK MELATIH LITERASI DIGITAL DAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SMA. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 118–127. https://doi.org/10.35719/alveoli.v4i2.227