PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DENGAN PENDEKATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

DOI:
https://doi.org/10.35719/alveoli.v4i1.215Keywords:
petunjuk praktikum; articulate storyline; kearifan lokal; berbipikir kritis; validitas, practical instructions, articulate storyline, local wisdom, critical thinking, validityAbstract
Akibat perkembangan teknologi informasi pada abad 21 menyebabkan terjadinya perubahan yang pesat dalam masyarakat, khususnya pada dunia pendidikan. Pada abad 21 ini, teknologi dirasa sangat penting dalam dunia Pendidikan. Petunjuk praktikum berbasis Articulate Storyline adalah salah satu inovasi media praktikum yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar mengajar yang proaktif dan memudahkan pemahaman siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Didalam petunjuk praktikum berbasis Articulate storyline terdapat konten berupa gabungan dari gambar, teks, suara, grafik, video, dan animasi sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan petunjuk praktikum berbasis articulate storyline yang valid berdasarkan penilaian validator terkait ketercapaian aspek materi, tata bahasa dan media dalam petunjuk praktikum yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan menggunakan desain ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation, namun penelitian hanya dilakukan sampai tahap development. Instrumen untuk mengukur validasi berupa angket yang akan divalidasi oleh validator ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, masing-masing angket validasi akan diisi oleh dua orang validator. Hasil validasi dianalisis menggunakan teknik validitas. Hasil penelitian menunjukkan validitas petunjuk praktikum berbasis articulate storyline dari segi materi memperoleh skor rata-rata 91,11% dengan kategori sangat valid, dari segi media memperoleh skor rata-rata 94,61% dengan kategori sangat valid, serta dari kategori bahasa memperoleh skor 97,5% dengan kategori sangat valid. Skor keseluruhan validitas petunjuk praktikum yang dikembangkan sebesar 94,40% dengan kategori sangat valid.
References
F. Island, G. Islands, Y. Fuke, T. Iwasaki, M. Sasazuka, and Y. Yamamoto, “Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia,” vol. 71, no. 1, pp. 63–71, 2021.
Sumantri, “Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21,” At-Ta’lim Media Inf. Pendidik. Islam, vol. 18, no. 1, p. 27, 2019, doi: 10.29300/attalim.v18i1.1614.
Chairunnisak, “Implementasi Pembelajaran Abad 21 Di Indonesia,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Pendidik. Pascasarj. UNIMED, pp. 351–359, 2020.
Arsanti, I. Zulaeha, S. Subiyantoro, and N. Haryati, “Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0,” Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., Haryati, N. (2021). Pros. Semin. Nas. Pascasarj. ISSN 26866404 Pascasarj. Univ. Negeri Semarang Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidik. di Perguru. Tinggi untuk Menghadapi Era Soc., pp. 319–324, 2021, [Online]. Available: http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Sanjani, “Tugas dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar,” vol. 6, no. 1, p. 14, 2020, [Online]. Available: https://all3dp.com/2/fused-deposition-modeling-fdm-3d-printing-simply-explained/
Dewi, Kusuma and Utami, N. Rahayu. “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Ekskresi Info Artikel,” J. Biol. Educ., vol. 5, no. 3, p. 50229, 2016, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Fajeriadi et al., “66 | Irwandi Utilizing the Environment as a Learning Source to Increase Interest and Learning Outcomes of High School Students in the Coastal Region, South Kalimantan IRWANDI (1) * , HERY FAJERIADI (2),” J. Biol. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 66–73, 2019.
Kamaruddin and Junda, “Kajian Protozoa Pada Tambak Air Payau Di Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan Sebagai Dasar Pembuatan Handout Biologi Kelas X Sma/Ma,” pp. 1–15, 2018, [Online]. Available: http://eprints.unm.ac.id/19506/
Haryati and Dini, “Haryati. Dini,” J. Pendidik. Dasar Islam, vol. 3, pp. 80–96, 2016, doi: 10.24252/auladuna.v3i2a4.2016.
Kurniawati, “Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Teoritis Dan Praktikum Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia,” Konfigurasi J. Pendidik. Kim. dan Terap., vol. 1, no. 2, p. 146, 2018, doi: 10.24014/konfigurasi.v1i2.4537.
Falabiba, Ninla Elmawati. “Analisis Kualitas Air KaliAncar dengan Menggunakan Bioindikator Makroinvertebrata,” J. Biol. Trop., vol. 16, no. 2, pp. 10–22, 2016.
Kusuma, R. Sakbana. “Peran Sentral Kearifan Lokal Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan,” J. Pedagog., vol. 05, no. 02, pp. 228–239, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik
Utari, Degeng, and Akbar, “Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” J. Teor. dan Praksis Pembelajaran IPS, vol. 1, no. 1, pp. 39–44, 2016, doi: 10.17977/um022v1i12016p039.
Pratomo, “Kingdom Protozoa dan Filum Porifera,” Book, vol. 1, pp. 1–38, 2017.
Sari and Angreni, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Penuntun Pratikum Berbasis Inkuiri Terbimbing,” J. Pemikir. dan Pengemb. Sekol. Dasar, vol. 9, no. 1, pp. 40–47, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd
Soraya, Herawati, and Primajati, “Implementasi Microsoft Officee dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pada Perangkat Desa Se-Kabupaten Lombok Barat,” JPMB J. Pemberdaya. Masy. Berkarakter, vol. 1, no. 1, pp. 62–69, 2018.
Anih, Euis. “Modernisasi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikas,” J. Pendidik. UNSIKA, vol. 4, no. 2, pp. 185–196, 2016, [Online]. Available: http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika
Ghavifekr and Rosdy, “Teaching and learning with technology: Effectiveness of ICT integration in schools,” Int. J. Res. Educ. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 175–191, 2015, doi: 10.21890/ijres.23596.
Dani and Arief, “Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik,” vol. 10, no. 2, 2021.
Setyaningsih, Rusijono, and Wahyudi, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia,” Didakt. J. Pendidik. dan Ilmu Pengetah., vol. 20, no. 2, pp. 144–156, 2020, doi: 10.30651/didaktis.v20i2.4772.
Alperi and Handayani, “Layanan Konsultasi Pembuatan Multimedia Interaktif dengan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMP Kota Bengkulu,” Pros. Semin. Nas. …, pp. 388–395, 2022, [Online]. Available: http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/4905%0Ahttp://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/download/4905/4524
M. Hamdani, P. B.A, and K. P, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen the Improve Ability to Think Critically through the Experimental Method,” Proceeding Biol. Educ. …, vol. 16, no. Kartimi, pp. 139–145, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412
Kartimi and Liliasari, “Pengembangan alat ukur berpikir kritis pada konsep termokimia untuk siswa sma peringkat atas dan menengah,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 1, no. 1, pp. 21–26, 2012, doi: 10.15294/jpii.v1i1.2008.
Rachmawati and Rohaeti, “Pengaruh Model Pembelajaran Sains, Teknologi, dan Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik,” J. Pendidik. Mat. dan Sains, vol. 5, no. 2, pp. 98–105, 2017.
Amarila, Habibah, and Widiyatmoko, “Pengembangan Alat Evaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Model Webbed Tema Lingkungan,” USEJ - Unnes Sci. Educ. J., vol. 3, no. 2, pp. 563–569, 2014, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Dwitiyanti, Kumala, and Widiyatun, “Using the ADDIE Model in Development of Physics Unit Convertion Application Based on Android as Learning Media,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 10, no. 2, pp. 125–132, 2020, doi: 10.30998/formatif.v10i2.5933.
Arikunto, Suharsimi. “Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik,” 2019.
Septiana, Wibawa, and Trisna, “Interactive Multimedia Based on Articulate Storylines in the Topic of Plant Anatomy and Physiology,” Int. J. Elem. Educ., vol. 6, no. 2, pp. 182–194, 2022.
Syaputrizal, Nelsi and Jannah, Raudhatul. “Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning pada Platform Android Menggunakan Aplikasi App Inventor untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik,” Nat. Sci. J. Penelit. Bid. IPA dan Pendidik. IPA, vol. 5, no. 1, pp. 800–809, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/901
Kurniawan, “Validitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Kim., vol. 2, no. 2 (2021), pp. 127–143, 2020, doi: 10.23960/jppk.v9.i1.202006.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moh Rizal Iwan Fanani, Lilik Mawartiningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.