PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GURU BIOLOGI DI PASURUAN: ANALISIS PERSEPSI SISWA

Authors

  •   Fitria Nur Sholikhah   IAIN Jember
  •   Zakiyatul Wahidah   IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.20

  Keywords:

biology, learning methods, student perception

Abstract

Learning activities require learning methods that are used to implement plans or designs that are made in a real way. Many kinds of learning methods have been applied. In general, the learning methods used in science lessons are the experimental method, the method of discussion, the method of demonstration, and the method of inquiry and discussion. This study aims to determine the learning methods used by biology subject teachers in Pasuruan by using student percep-tion analysis. This research uses qualitative methods with a descriptive approach. Collecting data in this study is by using a google form questionnaire and online interviews. The research subjects were Senior High School students majoring in Science from several schools in Pasuruan. The results showed that according to students' perceptions the teaching method of most teachers was still using the ceramh method. Students are satisfied with the lecture method the teacher has usedso far, however students also hope that the teacher uses demonstration / experimental methods in learning to increase student knowledge.

Keyword: biology, learning methods, student perception

Kegiatan pembelajaran membutuhkan metode pembelajaran yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana atau rancangan yang dibuat secara nyata. Macam-macam metode pembelajaran sangat banyak yang sudah diterapkan. Umumnya metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran sains adalah metode eksperimen, metode diskusi, metode demonstrasi, metode inkuiri dan metode diskoveri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan guru mata pelajaran biologi di Pasuruan dengan menggunakan analisis persepsi siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pemberian kuesioner berbentuk google form dan wawancara online. Subjek penelitian merupakan siswa Sekolah Menengah Atas kelas X-XII jurusan IPA dari 2 sekolah yang berbeda yaitu SMAN 1 Grati dan MAN 1 Kota Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut persepsi siswa metode mengajar guru terbanyak masih menggunakan metode ceramah. Siswa merasa puas dengan metode ceramah yang digunkan guru selama ini, namun siswa juga berharap guru menggunakan metode demonstrasi/eksperimen dalam pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan siswa.

Kata kunci:  biologi, metode pembelajaran, persepsi siswa

References

Adiatman. 2011. “Efektifitas Penerapan Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pen-didikan Biologi, UIN Alauddin Makasar, Makasar.

BSNP. 2006. Panduan Penyususnan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendi-dikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendiknas.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Fauzi, Imron. 2018. EtikaProfesi Keguruan. Jember: IAIN Jember Press.

Harmen, H, dkk. 2019. “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Metode dan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Manajemen Sumberdaya Manusia Semester 2 Kelas A di Jurusan Manajemen”. Jurnal Niagawan. Vol. 08. No.1.

Herdani, Tresna P, dkk. 2015. “Pengembangan Permainan Monopoli Termodifikasi Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Hormon (Penelitian dan Pengembangan di SMAN 1 Jakarta)”. Jurnal Biosfer. Vol. 8. No.01.Hewi, L., dan Shaleh Muh. 2020. “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya untuk Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzawadi. Vol. 04. No. 1.

Ibrahim, R.,dan Nana Syaodih S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Scientific dan Kontekstual. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Khanifah, Sri, dkk. 2012. “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa”. Unnes Journal of Biology Education.Vol. 1. No. 1.

Lynn, W. 2012. Psikologi Kepribadian. Yogyakarta: Icrisod.

Rahman, T. 2006. Pendekatan dan Metode dalam Program Pembalajran Praktikum.Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi UPI.

Rustaman, Nuryani Y, dkk.2012.Strategi Belajar Mengajar Biologi.Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan Pendidikan Biologi.

Rus,Aipan, dkk. 2017. “Implementasi Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan Ipa IKIP Mataram. Vol. 05. No.02.

Sanjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasin-do.

Suryani. N., dan Agung. L. 2012. Strategi Belajar Memgajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak Sutikno, M. Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran, Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Lombok: Holistica.

Syaiful, Sagala. 2012. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori Konsep Dasar. Surabaya: Rosda.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya. Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uno. H B., dan Muhammad N. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2021-05-20

How to Cite

Sholikhah, F. N., & Zakiyatul Wahidah. (2021). PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN GURU BIOLOGI DI PASURUAN: ANALISIS PERSEPSI SISWA. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 16–29. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.20