ANALISIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI

Authors

  •   Ely Istiqomah   IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.17

  Keywords:

Curriculum 2013, Student Worksheet conformity, Student Worksheets, Teaching materials

Abstract

This research aims to determine the utilization and suitability of the contents of Students Worksheets  as  a  biology  teaching  material  XI  IPA  class  with  the  curriculum  2013  at  SMAN  3 Jember  year  lesson  2018/2019.  Utilization  of  Students  Worksheets  to  determine  the  process  of drafting SW, the implementation of biological learning using SW. The suitability of LKPD content is analyzed based on display, material, linguistic and question. This research is a qualitative descriptive research. Data analysis is done by calculating the percentage of students Worksheets conformity components. The results of this research for the students worksheet which is compiled sui table using various methods of learning. Results of conformity student workshe ets with the curriculum 2013 class XI IPA at SMAN 3 Jember has a level of conformity is still less in accordance with the standards set by Permendikbud number 8 year 2016 unit that is the view section Includes the Skins section, the beginning of the book,  the content, and the end gets 83.3%. There are still two basic  competencies  that  are  not  listed  on  the  studente  worksheet.  The  average  linguistic  section gets a value of 80%. The question section gets an average value of 66.6%.

Keyword: curriculum 2013, student worksheet conformity, student worksheets, teaching materials

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan dan kesesuaian isi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai bahan ajar biologi kelas XI IPA menggunakan kurikulum 2013 di SMAN  3  Jember  tahun  pelajaran  2018/2019.  Pemanfaatan  LKPD  untuk  mengetahui  proses penyusunan  LKPD,  pelaksanaan  pembelajaran  biologi  menggunakan  LKPD,  dan  evaluasi  pembelajaran.   Kesesuaian  isi  LKPD  dianalisis  berdasarkan  tampilan,  materi,  kebahasaan  dan  soal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data  dilakukan dengan menghitung persentase komponen kesesuaian LKPD. Hasil penelitian ini bahwa LKPD yang disusun dapat digunakan dengan berbagai metode pembelajaran. Hasil kesesuaian  LKPD dengan kurikulum 2013 kelas XI IPA di SMAN 3 Jember memiliki tingkat kesesuaian masih kurang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Permendikbud nomor 8 Tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan yaitu bagian tampilan meliputi bagian kulit, awal buku, isi, dan bagian akhir. Bagian penyajian yaitu 83,3%. Bagian materi masih terdapat dua Kompetensi Dasar yang belum tercantum pada LKPD yaitu bab sistem reproduksi dan sistem imun. Bagian kebahasaan rata-rata 80%. Bagian  soal  mendapatkan  nilai  rata-rata  66,6%.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  LKPD  biologi kelas  XI IPA di SMAN 3 Jember masih kurang baik dalam segi penyusunannya akan tetapi layak digunakan karena soal yang disusun guru mengajak siswa untuk berpikir kritis.

Kata Kunci: bahan ajar, lembar kerja peserta didik, kesesuaian lembar kerja peserta didik, kurikulum 2013

References

Abdullah, Ridwan. 2018. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi aksara

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineke Cipta.

Azmi, Nurul, Prastowo Puji, dan Maslena. 2017. Analisis kesesuaian lembar kerja Peserta Didik (LKPD) biologi kelas X yang digunakan MAN Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu. Vol.6. Medan: Jurnal Pelita pendidikan.

Huberman. M. B. Miles dan Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analisis: A Methods Soursbook. California: SAGE Publication Majid, Abdul. 2017. Strategi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Maryam, Siti dan Hidayati Sukarni. 2013. “Analisis isi lembar kegiatan siswa (LKS) biologi SMA yang digunakan dikota Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Edisi I. https://www.academia.edu/15678996/Abstrak-penelitian-lks Diakses di web pada tanggal 15 Maret 2019.

Nurdin, Syafruddin. 2016. Kurikulum dan pembelajaran . Jakarta: Grafindo persada

Permendikbud No 37 Tahun 2018

Permendikbud No 8 Tahun 2016

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Prees Sani.

Downloads

Published

2021-05-19

How to Cite

Istiqomah, E. (2021). ANALISIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.17