HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SIBOLGA

DOI:
https://doi.org/10.35719/alveoli.v4i1.168Keywords:
Biologi, Kecerdasan Emosional, Prestasi BelajarAbstract
Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, memahami dan mengelola emosi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Kecerdasan emosional siswa yang tinggi memotivasi siswa untuk berprestasi lebih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan emosional (EQ) perserta didik dan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Sibolga, pada bulan Agustus 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Sibolga sebanyak 252 orang. Sampel yang terjangkau adalah kelas XI MIA 4 dan XI MIA 5 sebanyak 72 orang yang diambil dengan teknik simple ramdom sampling dengan cara mengundi. Data penelitian meliputi data prestasi belajar siswa yang diperoleh dari nilai raport dan data kecerdasan emosional siswa diperoleh menggunakan kuesioner (angket) yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa, serta statistik inferensial yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov, uji liniearitas, uji homogenitas, uji regresi linier sederhana, uji t, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI MIA SMAN 1 Sibolga yang dibuktikan dengan nilai t 9,041 dengan nilai sig.= 0,000<0,05. Hal itu membuktikan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar biologi perserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Sibolga dengan konstribusi sebesar 71,2% dan 28,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
References
B. Uno, Hamzah. 2016. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djuniarto, E. Dan Sari, A, P., (2014). “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Psikologi Tingkat Satu Universitas Gunadarma”.Jurnal Pendidikan, Vol. 3. No. 1, 2014.
Goleman, D., (2016), Kecerdasan Emosional. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Jayanti, Nitta. 2014. “Hubungan Antara Emotional Quotient (Eq) Dengan Tiga Domain Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengelolaan Lingkungan”.Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Martoredjo, Nikodemus T. "Meningkatkan Prestasi Belajar di Perguruan Tinggi dengan Mengembangkan Kecerdasan Emosional." Humaniora Binus, vol. 4, no. 2, 2013, pp. 1093-1104.
Prasetyo, R. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Caringin”.EDUKASI: Jurnal Penelitian dan Artikel Penelitian. Vol.13, No.01. (2021).
Rini, A.M., Maskun., & Ekwandari, S. (2018). “Hubungan Kesadaran Diri dengan Hasil Belajar Peserta Didik SMAN Negeri 1 Pagelaran”. Skripsi. Lampung: FKIP UNILA
Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Jawa Timur : Literasi Nusantara.
Wulandari, Dwi. 2012. “Gambaran Kecerdasan Emosional Pada Siswa SMKN Jakarta”.Jurnal pengukuran dan penelitian psikologi, Vol1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dira Rahmi Ananda Hutagalung, Mawardi, Siska Rita Mahyuny

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.