ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU BIOLOGI SMA DI DABO SINGKEP

DOI:
https://doi.org/10.35719/alveoli.v4i1.144Keywords:
CK, PCK, TPK, Kemampuan TPACK, Guru BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Biologi SMA di Dabo Singkep. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket terbuka untuk melihat kemampuan TPACK dan menggunakan dokumen RPP sebagai dokumen pendukung angket terbuka. Data dianalisis menggunakan rumus persentase TPACK. TPACK dalam penelitian ini dilihat dari tiga aspek yaitu CK, PCK dan TPK. Hasil dari ketiga aspek tersebut adalah Content Knowledge (CK) 74% dengan kategori baik. Pedagogical Content Knowledge (PCK) 76% dengan kategori baik, dan Technological Pedagogical Knowledge (TPK) 76% dengan kategori baik. Hasil rata-rata persentase kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru biologi SMA di Dabo Singkep adalah 75% dengan kategori baik. Kesimpulannya kemampuan TPACK guru biologi SMA di Dabo Singkep sudah baik dan semua aspek kemampuan TPACK sudah dicapai oleh guru biologi SMA di Dabo Singkep.
References
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aviyanti, I. 2020. Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) da-lam Pembelajaran ditinjau dari Status Sertifikasi, Lama Mengajar, dan Bidang Studi Guru (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Hidayati, N., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. 2018. Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Soshum Setingkat SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan 1(4): 291-298.
Husain, C. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan 2 (2): 184-192.
Janah, N. 2020. Strategi Implementasi Kompetensi Guru Biologi dalam Pengembangan Pembelajaran Biologi di Era Disrupsi. Journal Of Biology Education 3 (1): 63–72.
Koehler, M. J., & Mishra, P. 2009. “What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)?”. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education 9 (1): 60-70.
Nevrita, Asikin, N., & Amelia, T. 2020. Analisis Kompetensi TPACK Guru Melalui Media Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 8 (2): 203-217.
Rahayu, S. 2017. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Terintegrasi ICT dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan IPA IX Tahun 2017. Universitas Negeri Malang 1-14.
Rahmadhani., Y. Rahmat., A. & Purwaningsih., W. 2016. Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Pembelajaran Biologi SMA di Kota Cimahi. Jurnal Prosiding Sem-inar Nasional Sains dan Pendidikan Sains 6: 17-24.
Rosyid, A. 2016. Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Penge-tahuan Bagi Guru Indonesia Di Era Mea. Seminar Nasional Inovasi Pendidikan 446-454.
Rusydiyah, E. F. 2019. Teknologi Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Era 4.0. Sura-baya: UIN Sunan Ampel Press.
Sintawati, M., & Indriani, F. 2019. Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1 (2): 417-422.
Suryawati, E., L, N, F., & Hernandez, Y. 2014. Analisis Keterampilan Technological Peda-gogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis 11 (1): 67-72.
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto. 2020. Analisis Kemampuan TPACK (Technological, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi SMA dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal pendidikan IPA 9 (1): 46–57.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yully Amelia, Nevrita, Elfa Oprasmani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.