Elviana, Vivin S.Pd

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan STEM Pada Materi Sel Kelas XI MIPA SMA Negeri Ambulu Jember

Authors

  • Vivin Elviana Universitas Islam Negeri KH Ahmad Siddiq Jember

Keywords:

Biologi Sel, Hasil Belajar Siswa, STEM, Cell Biology, Student Learning Outcomes, STEM.

Abstract

This research was conducted based on the problem of low student learning outcomes in cell biology material. Various efforts can be made, including by applying learning that can foster student interest in cell biology learning. One type of learning that can be used is STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). This study aims to determine the effect of learning with the STEM approach (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) on student learning outcomes in class XI MIPA SMAN Ambulu Jember cell material. The research approach used is a quantitative true experimental design with the Pretest- Posttest control group design method. Samples were taken using purposive sampling technique and data analysis in this study used data analysis techniques with a difference test of two averages (t test) using SPSS version 22 program with normal and homogeneous data distribution. The type of t test used is the independent t test. The results showed that the average value of the pretest results was 41.53, while the average value of the posttest results was 91.50. The results of statistical analysis using the independent sample t-test obtained a significance value (2-tailed) of 0.000. The significance value is smaller than 0.05 (Sig. (2-tailed) = 0.000 <0.05) so that the results of the Learning Outcome test seen from the post-test value of cell biology material for class XI MIPA SMA Negeri Ambulu based on learning by applying the STEM approach there are significant influence on student learning outcomes.

Keywords: Cell Biology, Student Learning Outcomes, STEM.

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada materi biologi sel. Berbagai upaya dapat dilakukan diantaranya dengan menerapkan pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat siswa terhadap pembelajaran biologi sel. Salah satu jenis pembelajaran yang dapat digunakan adalah STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap Hasil Belajar siswa pada materi sel kelas XI MIPA SMAN Ambulu Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif desain true experimental dengan metode Pretest-Posttest control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan uji perbedaan dua rata-rata (uji t) menggunakan program SPSS versi 22 dengan distribusi data normal dan homogen. Jenis uji t yang digunakan adalah uji t independen. Hasil penelitian didapatkan rata-rata nilai hasil pretest sebesar 41,53, sedangkan rata-rata nilai hasil posttest sebesar 91,50. Hasil analisis statistik menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 (Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05) sehingga hasil uji Hasil Belajar yang dilihat dari nilai postest biologi materi sel kelas XI MIPA SMA Negeri Ambulu berdasarkan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan STEM terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Biologi Sel, Hasil Belajar Siswa, STEM

References

Ahmatika, Deti. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery.

Jurnal Euclid, ISSN 2355-1712, vol.3, No.1, pp. 377-525. 2015.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek edisi revisi VI Jakarta : Rineka Cipta. 2006.

Bybee, R. W. The case for STEM education: Challenges and opportunity. Arlington, VI: National Science Teachers Association (NSTA) Press. 2013.

Campbell, N.A, Jane B. Reece, Lisa A. Urry, Michael L. Cain, Steven A.Wasserman, Peter

V. Minorsky, dan Robert B. Jackson. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta : Erlangga. 2008.

Carnevale, Anthony P., Nicole Smith, and Michelle Melton. STEM : Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Washington, DC 2005. 2007.

Chien, Priscilia Lo Khai dan Denis Andrew D. Lajiman. The Effectiveness Of Science, Technology, Engineering And Mathematics (Stem) Learning Approach Among Secondary School Students. 2016.

Izzani, Lia Maghfira. Pengaruh Model Pembelajaran STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Kimia. 2018.

Khoiriyah, Nailul. Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gelombang Bunyi. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. 2018.

Kurt, Becker and Kyungsuk Park. Effects of integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students’ learning: A preliminary meta-analysis. Journal of STEM Education Volume 12 Issue 5&6. 2011.

Permanasari, A. STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains : Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian dan Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 24-31 hlm. 2016. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/ article/view/9810), diakses Januari 2020.

Robert, Amanda and Diana Cantu. Applying STEM Instructional Strategies to Design and Technology Curriculum. USA : Department of STEM Education and Professional Studies Old Dominion University. 2012.

Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Berbasis KHOT (Higher Order Thingking Skill).

Tanggerang : Tira Smart. 2019

Wardani, Indah. Efektivitas STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Terhadap Pemahaman Konsep Tentang Fisika Ditinjau dari Perbedaan Gender Peserta Didik. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan. 2018.

Yuliani, Anisa, Dharmono, Akhmad Napari, Muhammad Zaini. Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Biologi dalam Menyelesaikan Masalah Ekologi Tumbuhan. Jurnal Bioedukasi Volume 11, No. 1. 2017.

Yogantari, P., Yulianti, L., dan Suyudi, A. Pengaruh Model Integrative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X MIA (matematika dan Ilmu- ilmu Alam) SMAN 3 Malang. Jurnal Online Pendidikan Fisika Universitas Malang, 2(1), 1-7 hlm. 2014. (Online), (http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikel0F7092B94EB49B AB66328EF2CCDB8DD9.pdf. ), diakses Januari 2020.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Vivin Elviana. (2024). Elviana, Vivin S.Pd: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan STEM Pada Materi Sel Kelas XI MIPA SMA Negeri Ambulu Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 98-108. Retrieved from https://alveoli.uinkhas.ac.id/index.php/alv/article/view/107